Kerjasama Dengan Polda Jabar, PLTU Indramayu Latih Bhabinkamtibmas Mengelola FABA

Kerjasama Dengan Polda Jabar, PLTU Indramayu Latih Bhabinkamtibmas Mengelola FABA

Dir Binmas Polda Jabar, Kombes Pol Idil Tabransyah, bersama Kapolres Indramayu, AKBP M. Lukman Syarif melihat ruang produksi listrik didampingi GM PJB UBJOM, PLTU Indramayu, Munif--

Radarindramayu, INDRAMAYU - PT PJB UBJOM PLTU Indramayu dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat melakukan kerjasama menggelar pelatihan mengelola Fly AsH dan Bottom Ash (FABA), yakni limbah dari batubara produksi energi listrik menjadi paving blok dan batako.

Pelatihan pemanfaatan FABA digelar selama dua hari 6-7 Juni 2022 diikuti Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Indramayu. Pelatihan dibuka oleh Dir Binmas Polda Jabar, Kombes Pol Idil Tabransyah, S.H., M.M mewakili Kapolda Jabar.

Hadir dalam kegiatan ini General Manajer PT PJB UBJOM PLTU Indramayu, Munif, dan Kapolres Indramayu, AKBP M. Lukman Syarif, SH MH. Dalam acara  pembukaan pelatihan tersebut, digelar zoom meeting, menghadirkan Kor Binmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Suwondo Nainggolan. Jenderal bintang dua tersebut memberikan arahan sekligus materi kepada pejabat Polda dan Polres serta peserta pelatihan.

Kombes Idil Tabransyah mengatakan, pelatihan pemanfaatan FABA merupakan tindak lanjut kerjasama Mabes Polri dengan PT PLN (Persero) dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian Nasional melalui pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA:Indonesia Ajak Dunia Tunjukkan Aksi Nyata Pemulihan Lingkungan di Era Pasca Pandemi

" Setelah mendapatkan pelatihan ini, para Bhabinkamtibmas nantinya akan mengembangkannya ke masyarakat melatih warga membuat paving blok dan batako dari FABA. Melalui pemberdayaan tersebut akan memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat," ujarnya.

Sementara GM PJB UBJOM PLTU Indramayu, Munif, mengatakan adanya kerjasama Polri akan mengoptimalkan pemanfaatan FABA. Selama ini limbah produksii listrik tersebut di manfaatkan untuk Coorporation Sosial Responsibilty (CSR). Namun, dari kuantitas maupun kualitas pemanfaatannya belum optimal.

" Melalui kerjasama dan sinergitas kami dengan Kepolisian pemanfaayan FABA bisa optimal. Untuk pemberdayaan masyarakat mengelola FABA saat ini kita prioritaskan desa desa sekitar PLTU Indramayu atau penyangga," kata Munif menjelaskan.(kom)

BACA JUGA:Aksi Balai Besar KSDA NTT Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: