Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil yang Wajib Diamalkan

Doa Perjalanan Jauh Naik Mobil yang Wajib Diamalkan

ilustrasi naik mobil--

Radarindramayu - Saat bepergian merupakan bentuk ikhtiar batin agar diberikan perlindungan dan keselamatan selama dalam perjalanan.

Kita dianjurkan membaca doa perjalanan jauh naik mobil agar diberikan keselamatan.

Karena itu, kita perlu memerhatikan keselamatan selama menempuh perjalanan jauh dengan membaca doa perjalanan jauh naik mobil.

Selain itu, jangan lupa berdoa saat naik mobil, pesawat maupun kapal memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Menko Airlangga: Tak Ada yang Bisa Menakuti-nakuti Partai KIB

Doa Perjalanan Jauh Naik mobil

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk selalu berdoa saat perjalanan jauh naik mobil.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abdullah ibnu Umar radhiallahu anhu mengatakan, bahwa Nabi SAW apabila mengendarai unta bertakbir tiga kali, kemudian membaca doa:

سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ
وَاِنَّآ اِلٰى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Artinya: Maha Suci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami." (QS. Surat Az Zukhruf: 13-14)

BACA JUGA:SMK Informatika Al Irsyad Menggelar Out Bond

Dalam sebuah riwayat disebutkan ketika Rasulullah SAW telah duduk di atas kendaraannya, Nabi SAW bertakbir sebanyak tiga kali, membaca hamdalah tiga kali dan tahlil sekali.

Setelah itu, Nabi SAW menyandarkan punggungnya dan tertawa serta menoleh ke arahnya (Ibnu Abbas) seraya bersabda: "Tidak sekali-kali seorang muslim mengendarai kendaraannya, lalu melakukan seperti apa yang telah kulakukan, melainkan Allah Swt. memandang ke arahnya dengan tertawa (penuh rida) sebagaimana aku tertawa kepadamu".

Berikut doa perjalanan jauh naik mobil saat bepergian, Arab, Latin, arti:

1. Doa Perjalanan Jauh / Safar

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Latin: Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadzaa wathwi'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a'uudzubika min wa'tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli

BACA JUGA:Baznas Kota Cirebon Tuan Rumah Sosialisasi SOP Perencanaan ZIS dan DSKL

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR Muslim).

2. Doa Naik Mobil

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Latin: Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna.

Artinya: Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

Saat sudah duduk di mobil, Muslim disunahkan membaca takbir tiga kali, hamdalah (3 kali) dan tahlil (sekali). Setelah itu, membaca doa naik mobil

BACA JUGA:Tiga Tahun Rudapaksa Karyawan Sendiri, Pelaku Sudah Ditangkap Polisi

3.  Doa Dimudahkan dalam Perjalanan Jauh

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari perjalananku ini kebaktian dan ketakwaan, dan (aku memohon kepada-Mu) amal perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan ini dan perpendeklah jarak tempuhnya yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah Teman dalam perjalanan ini dan Yang memelihara keluarga (ku). Ya Allah, temanilah kami dalam perjalanan kami ini dan jagalah bagi kami keluarga kami".

Doa teraebut bersumber dari hadits yang diriwayatkan dari Abdullah ibnu Umar r.a. mengatakan, bahwa Nabi Saw. apabila mengendarai unta kendaraannya bertakbir tiga kali, kemudian membaca: Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. (Az-Zukhruf: 13-14) Kemudian membaca doa berikut: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari perjalananku ini kebaktian dan ketakwaan, dan (aku memohon kepada-Mu) amal perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan ini dan perpendeklah jarak tempuhnya yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah Teman dalam perjalanan ini dan Yang memelihara keluarga (ku). Ya Allah, temanilah kami dalam perjalanan kami ini dan jagalah bagi kami keluarga kami. Dan Nabi Saw; apabila kembali kepada keluarganya (dari suatu perjalanan) mengucapkan doa berikut: Kami semua pulang dalam keadaan bertobat, insya allah, lagi dalam keadaan beribadah,hanya kepada Tuhan kami sajalah kami memuji.

Demikian pembahasan kumpulan doa perjalanan jauh yang bisa diamalkan saat bepergian. (len)

BACA JUGA:Kloter Pertama, 389 Calhaj Tiba di Asrama Haji Pondok Gede

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: