Mulai 3 Juni, Calon Jamaah Haji Masuk Asrama Haji

Mulai 3 Juni, Calon Jamaah Haji Masuk Asrama Haji

SIAP DITEMPATI: Tim dari Kementerian Agama memeriksa kelayakan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. --KEMENAG UNTUK JAWA POS

Radarindramayu, JAKARTA - Pemerintah dalam misi menurunkan tingkat kematian diangka 1 per mil (per 1.000) jemaah.

Seperti Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Budi Sylvana mengatakan, tingkat kematian jemaah haji Indonesia di Tanah Suci tahun cenderung flat, yakni 2 per mil. itu terjadi selama 10 tahun terakhir. ”Itu angka yang tinggi. Pesan Pak Menkes, harus diturunkan,” katanya saat paparan dalam bimbingan teknis petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi 1443/2022 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, kemarin.

Indonesia sebagai negara dengan pengiriman jemaah haji terbanyak, lanjut dia, tingkat kematian itu lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara lain. Misalnya: India 1 per mil, Malaysia diangka 0.3 per mil.

Dan budi memaparkan, penyebab tertinggi kematian jemaah haji berkaitan dengan penyakit jantung dan gangguan saluran pernapasan. Namun, yang paling utama, hal itu dipicu jemaah haji yang kelelahan.

BACA JUGA:Kawasan Panjunan Bakal Disulap Jadi Kampung Arab

BACA JUGA:Sadis! Janda Beranak Dua Ditemukan Tewas dengan Leher Digorok

Banyak jemaah yang melakukan aktivitas ibadah berlebihan sebelum fase Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina). ”Bahkan, ada yang sebelum ibadah puncak (wukuf di Arafah, Red) umrah sampai 11 kali,” ungkap Budi.

Hal semacam itu, kata dia, perlu diedukasi. Jemaah diberi pemahaman untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan kemampuan fisik. ”Banyak yang ngejar sunah, tapi (ibadah) yang wajib belum dikerjakan dia sudah meninggal karena kelelahan,” terangnya.

Selama 72 hari penyelenggaraan ibadah haji, kata Budi, ada fase angka kematian yang sangat tinggi. Salah satunya dimulai pada hari ke-25 sejak kedatangan jemaah yang pertama. ”Lalu, saat fase Armuzna, angka kematian melonjak tinggi,” ungkap Budi.

BACA JUGA:Wanda Hamidah Diduga Melakukan Pengrusakan dan Penghinaan Dipolisikan Mantan Suami

BACA JUGA:Terlalu! Bocah 11 Tahun Digilir Tiga Pria

Kemarin pemerintah melakukan rapat terbatas (ratas) di Istana Kepresidenan Bogor terkait dengan persiapan haji. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pemerintah sudah siap melayani jemaah haji dari berangkat hingga pulang. ”Sudah siapkan skema dari A sampai Z,” ucapnya.

Yaqut menjelaskan, salah satu skema yang disiapkan pemerintah berkaitan dengan protokol kesehatan. Calon jemaah haji (CJH) harus sudah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal dosis kedua. ”Kita sudah usahakan terus, ikhtiarkan agar seluruh jemaah haji, calon jemaah haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin dua kali atau vaksin lengkap,” ucap Yaqut.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu mengatakan, pemerintah siap menyalurkan dana haji kepada pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Agama. Lebih lanjut, dia menjelaskan, biaya riil untuk berhaji Rp 81,7 juta per jemaah. Namun, per jemaah cukup membayar rata-rata Rp 39,9 juta. Kekurangannya ditanggung BPKH menggunakan dana hasil pengelolaan biaya haji yang telah disetor jemaah se-Indonesia.

Sementara itu, periode masuknya CJH ke asrama haji semakin dekat. Sesuai dengan kalender Kemenag, CJH mulai masuk ke asrama haji pada 3 Juni. Kemudian, pada 4 Juni, CJH kloter pertama diterbangkan menuju Madinah. Sejumlah pengelola asrama haji menyampaikan kesiapan menyambut kedatangan jemaah.

Kesiapan asrama haji tersebut disampaikan Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab saat meninjau kesiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, kemarin. ”Alhamdulillah, semua sudah siap,” katanya. Beberapa yang dilihat adalah fasilitas kamar jemaah dan sarana pendukung lainnya.

Dia menyatakan, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, disiapkan lima gedung untuk menginap jemaah. Yaitu, gedung D1, D2, D3, D4, dan E. Selain itu, disiapkan tiga unit gedung cadangan. Menurut Mujab, kesiapan asrama haji tidak hanya berupa fasilitas fisiknya. Tetapi, yang tidak kalah penting adalah kesiapan SDM-nya.

Kepada seluruh pengelola asrama haji, dia mengingatkan misi pemberangkatan haji semakin dekat. Karena itu, persiapan harus dilakukan sebaik-baiknya. Khususnya mengenai protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. (fal/oni/jp)

BACA JUGA:Forkopimcam Ajak Jaga Kamtibmas Desa

BACA JUGA:GOW Kota Cirebon Gelar Halal Bi Halal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawa pos