Forkopimcam Ajak Jaga Kamtibmas Desa

Forkopimcam Ajak Jaga Kamtibmas Desa

SINERGI: Forkopimcam Terisi bersama para lurah desa usai rakor bidang keamanan di Aula kantor Kecamatan Terisi, Selasa (17/5).-KHOLIL IBRAHIM-

Radarindramayu, TERISI-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Terisi menggelar rapat koordinasi bidang keamanan berasama para lurah dari 9 desa, Selasa (17/5).

Salah satu topik yang didiskusikan yakni soal peningkatan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).
Rakor dipimpin Camat Terisi Drs H Endhy Yohendi MSi, Kapolsek AKP Hendro Ruhanda SH serta Danramil 0613/Cikedung Kapten Inf Nakromin.

Ketiganya memberikan apresiasi kepada para lurah desa yang selama ini turut berkontribusi menjaga kamtibmas tetap kondusif.

Pun demikian, para lurah yang tergabung dalam Satgas Desa serta Perlindungan Masyarakat (Linmas) itu tetap diminta untuk semangat menjaga kamtibmas.

BACA JUGA:Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi Akan Digunakan Klub Bola Atta Halilintar dan 2 Lainnya

BACA JUGA:108 Mahasiswa STIT-STKIP Al Amin Ikuti KKN Tematik

Bersinergi dengan Tiga Pilar yakni Pemerintah, TNI dan Polri maupun elemen masyarakat lainnya. Dengan begitu lebih mempunyai daya cegah, daya tangkal dan daya lawan terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas di tengah masyarakat.

“Kamtibmas bukan semata-mata tanggung jawab tiga pilar. Tapi semua pihak, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat secara terpadu mengupayakan kondisi kamtibmas yang terkendali,” kata Camat Edhy Yohendi.

Senada disampaikan Kapolsek Terisi AKP Hendro Ruhanda SH. Sebagai lurah, kata Hendro, dituntut pula untuk selalu peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat dilingkungannya masing-masing.

BACA JUGA:Kaus Oblong

BACA JUGA:Jadi UMKM Ramah Lingkungan, Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB

“Jika ada sesuatu kejadian yang dinilai rawan mengganggu kondusivitas segera lapor,” tegasnya.
Tidak hanya berperan menjaga kamtibmas, para lurah desa juga diharapkan bisa memberikan penyuluhan hukum sekaligus menjadi mediator di tengah permasalahan masyarakat.

Berkolaborasi bersama Bhabinkamtibmas serta Babinsa. Sehingga kesadaran masyarakat tentang hukum meningkat. Konflik yang ada di masyarakat dapat segera diredam.

“Kedepankan pendekatan humanis dalam memelihara kamtibmas maupun saat mendamaikan persoalan warga. Jika memang tidak bisa dipecahkan ditingkat desa, maka para Lurah segera langsung menghubungi kami,” katanya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: