Kawasan Panjunan Bakal Disulap Jadi Kampung Arab

Kawasan Panjunan Bakal Disulap Jadi Kampung Arab

Masjid Merah Panjunan berada kawasan kampung wisata Arab.-dedi haryadi-

Radarcirebon.com, CIREBON-Kawasan Panjunan Kota Cirebon siap dijadikan destinasi wisata Kampung Arab.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon tengah melakukan persiapan untuk menyulap kawasan Panjunan menjadi destinasi wisata baru di kota Cirebon.

Program destinasi wisata Kampung Arab masuk dalam kategori prioritas Pemerintah Kota Cirebon pada 2023 mendatang. Pembangunan melibatkan tiga RW yakni di RW 4, RW 5 dan RW 8 di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Kepala dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) kota Cirebon Agus Sukmajaya mengatakan, saat ini pihaknya bersama pengurus RW sudah melakukan inventarisasi potensi yang ada.

BACA JUGA:Sadis! Janda Beranak Dua Ditemukan Tewas dengan Leher Digorok

BACA JUGA:Wanda Hamidah Diduga Melakukan Pengrusakan dan Penghinaan Dipolisikan Mantan Suami

"Rencananya di Kampung Arab Panjunan akan dibagi menjadi tiga kluster, yakni kluster untuk oleh-oleh umroh dan haji. Kedua, kluster religi dan pengembangan kerajinan, serta ketiga kluster kuliner dan budaya,"katanya.

Secara gambaran, menurut Agus, konsep kawasan wisata Kampung Arab bisa mencerminkan tentang sebuah kampung di Arab sejak pengunjung masuk melalui gapura hingga di area Panjunan.

"Jika tidak ada halangan, awal tahun 2023 progres pembangunan ini bisa dimulai. Melalui destinasi wisata baru Kampung Arab ini, Cirebon menjadi sebuah kota pariwisata dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,"pungkas mantan Sekertaris DPRD Kota Cirebon ini. (rdh)

BACA JUGA:Terlalu! Bocah 11 Tahun Digilir Tiga Pria

BACA JUGA:Forkopimcam Ajak Jaga Kamtibmas Desa

Sumber: radarcirebon.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarcirebon.com