DPMD Kabupaten Indramayu Gelar Lomba BUMDes Tingkat Kabupaten

DPMD Kabupaten Indramayu Gelar Lomba BUMDes Tingkat Kabupaten

EVALUASI: DPMD Kabupaten Indramayu menggelar lomba BUMDes tingkat Kabupaten tahun 2024, Rabu (16/10/2024).-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Untuk mengevaluasi kinerja pemerintah desa di Kabupaten Indramayu dalam memgembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu gelar lomba BUMDes tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2024, Rabu (16/10/2024).

Bertempat di aula DPMD Kabupaten Indramayu yang berlangsung sejak 15-16 Oktober 2024, sebanyak 27 BUMDes mengikuti lomba tersebut yang merupakan perwakilan wilayah tiap kecamatan.

Plt Kepala DPMD Kabupaten Indramayu H Jajang Sudrajat melalui Kabid Pemerintahan Desa A Sulaeman mengatakan lomba yang diadakan sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja pemerintah desa di Kabupaten Indramayu  dalam mengembangkan BUMDes dan mengetahui capaian pengelola BUMDes.

Hal itu juga dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah desa yang telah melakukan pembinaan dan pengembangan BUMDes.

BACA JUGA:Wapres Ma'ruf Amin : Universitas Darul Ma'arif adalah Kampus Terindah di Indonesia

"BUMDes ini sebagai wadah pemerintah desa dalam mengembangkan sektor ekonomi masyarakat desa, yang muaranya pada peningkatan kesejahteraan warga desa, sehingga butuh keseriusan dari pemerintah desa untuk mengembangkan BUMDes," ujarnya.

Dalam lomba tersebut terdapat beberapa aspek penilaian diantaranya terkait kelembagaan BUMDes, Manajemen operasional BUMDes, unit usaha BUMDes, kerjasama/kemitraan BUMDes, permodalan BUMDes, administrasi laporan keuangan BUMDes, aspek manfaat keberadaan BUMDes di desa, program dan kegiatan BUMDes, laporan pembukuan neraca BUMDes sistem manual dan aplikasi, dan terakhir, BUMDes yang sudah berbadan hukum dari Kemenhumkam RI.

Sulaeman berharap dengan lomba BUMDes bisa memotivasi pengelola BUMDes 309 desa Se-kabupaten Indramayu, berlomba dan evaluasi BUMDES ini dalam rangka untuk memajukan usaha ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa pada umumnya.

Pada kesempatan itu pula, DPMD Kabupaten Indramayu secara langsung melakukan pembinaan secara langsung berdasarkan atas kendala dan permasalahan yang dihadapi BUMDes dalam menjalankan operasionalnya , baik berawal dari program dan kegiatan disertai dari perencanaan, penausahaan, pelaksanaan dan sistem pelaporan yg selaras dengan aturan yang berlaku.

BACA JUGA:Wapres RI Ma’ruf Amin Resmikan Universitas Darul Ma'arif

"Bisa jadi BUMDes lainnya, bisa mewujudkan BUMDes yang lebih baik dan lebih maju sehingga dengan keberadaan dirasakan masyarakat desa, ini jadi bukti ada program perekomian di desa, dapat mewujudkan masyarakat kabupaten yang bermartabat," tukas Sulaeman. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: