Gagal Total Tiru Naturalisasi Timnas Indonesia, FIFA Resmi Menolak Naturalisasi Mats Deijl untuk Malaysia

Gagal Total Tiru Naturalisasi Timnas Indonesia, FIFA Resmi Menolak Naturalisasi Mats Deijl untuk Malaysia

Mats Deijl-ss facebook :ohmedia-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - FIFA resmi menolak naturalisasi Mats Deijl, pemain asal Belanda yang diketahui sedang menjalani proses naturalisasi untuk memperkuat timnas Malaysia, Harimau Malaya.

Melansir dari postingan Instagram FAM, Keputusan penolakan tersebut diumumkan setelah Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM) menerima balasan surat dari FIFA pada 25 September 2024.

Penolakan tersebut didasarkan pada ketentuan FIFA terkait kelayakan pemain keturunan atau diaspora untuk membela tim nasional suatu negara.

Menurut peraturan FIFA Pasal 8, seorang pemain bisa mewakili sebuah negara jika lahir di negara tersebut, atau orang tua atau kakek-neneknya berasal dari negara tersebut.

BACA JUGA:Mimpi Malaysia Tiru Naturalisasi Indonesia Hancur! FIFA Tolak Mentah-Mentah Naturalisasi Mats Deijl

Namun, dalam kasus Mats Deijl darah keturunan Malaysia yang dimilikinya berasal dari buyutnya rupanya tidak memenuhi syarat sesuai regulasi yang dibuat oleh FIFA.

FAM yang awalnya optimis terhadap peluang Deijl untuk membela Harimau Malaya.

Pemain berusia 27 tahun yang kini membela klub Go Ahead Eagles di Belanda tersebut sebelumnya menyatakan keinginannya untuk memperkuat Malaysia.

Ia bahkan telah menyerahkan dokumen-dokumen yang menunjukkan garis keturunan keluarganya, termasuk akta kelahiran dirinya, ayahnya, dan kakeknya.

BACA JUGA:Naturalisasi Pemain Timnas Malaysia Gagal Total, FIFA Tolak Naturalisasi Mats Deijl

Dalam dokumen tersebut baru terungkap bahwa buyutnya lahir di Singapura pada tahun 1893, saat Singapura masih menjadi bagian dari Tanah Melayu.

Namun, harapan FAM pupus ketika FIFA menegaskan bahwa keturunan yang berasal dari buyut atau leluhur lebih jauh tidak memberikan hak bagi Deijl untuk bermain bagi Malaysia.

"Sayangnya, keturunan pemain di luar kakek-neneknya tidak memungkinkan pemain tersebut memenuhi syarat untuk mewakili tim nasional Anda," demikian pernyataan FIFA dalam surat resmi mereka.

Meski kecewa, FAM tetap berterima kasih kepada Deijl atas minat dan komitmennya untuk membela Harimau Malaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: