Pengambilan Sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Digelar di Belanda, Netizen: Yang Penting Sah!

Pengambilan Sumpah WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Digelar di Belanda, Netizen: Yang Penting Sah!

Mees Hilgers (Kiri) dan Eliano Reijnders (Kanan).-Kolase Gambar -radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Ada yang unik dalam proses pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia, untuk kedua pemain keturunan anyar yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Biasanya, proses pengambilan sumpah pemain keturunan itu digelar di Indonesia, dan sangat jarang untuk proses pengambilan sumpah yang digelar di luar dari tanah air.

Karena kedua pemain ini sibuk dengan jadwal klubnya, makanya PSSI dan Kemenkumham berencana melakukan prosesi pengambilan sumpah di Kedutaan Besar RI untuk Belanda.

Untuk tanggal pengambilan sumpah kemungkinan terjadi pada pekan depan setelah Keppres terbit, yang penting semua proses dipercepat penyelesaiannya.

BACA JUGA:Erick Thohir Siap Balas Bahrain Jika Main Licik Saat Away, Pelatih Bahrain: 'Mereka dibawah Kita'

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ditargetkan bisa turun dan bermain bersama Timnas Indonesia saat melawan Bahrain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia nanti.

Perlu diketahui, tim asuhan Shin Tae-yong akan melawat ke kandang Bahrain pada 10 Oktober, 5 hari berselang pada 15 Oktober, Indonesia kembali pergi ke kandang China.

PSSI memang ingin mempercepat semua proses naturalisasi kedua pemain ini, hal tersebut juga senada dengan pernyataan Erick Thohir selaku Ketua Umum. 

"Nanti tinggal proses di DPR supaya Oktober tanggal 10-15 mereka bisa memperkuat Indonesia untuk pertandingan di luar negeri, di Bahrain dan China," tegas Erick.

BACA JUGA:Efek Jegal Thom Haye Merapat ke Serie A, Klub Lamanya SC Heerenveen Malah Kena Karma, Dibantai AZ Alkmaar

Proses persetujuan naturalisasi via Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI), semuanya sudah disepakati, per tanggal Selasa, 17 September 2024.

Komisi III dan Komisi X semuanya sudah sepakat, mengabulkan permohonan untuk proses alih kewarganegaraan buat Hilgers dan Eliano. 

"Alhamdulillah, proses rapat naturalisasi untuk saudara Mees Victor Joseph Hilgers dan Eliano Johannes Reijnders sudah selesai," ujar salah satu anggota DPR. 

Intinya, permohonan untuk mendapatkan status WNI bagi Hilgers dan Eliano sudah ada, hanya menunggu Keputusan Presiden (Keppres) yang sebentar lagi akan diteken.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: