Semarak HUT RI Ke-79, Busana Sintren Siswa SMPN 4 Sindang Sorot Perhatian Masyarakat

Semarak HUT RI Ke-79, Busana Sintren Siswa SMPN 4 Sindang Sorot Perhatian Masyarakat

Dokumentasi Kostum Menarik Kelas 9B SMP Negeri 4 Sindang, pada 15 Agustus 2024.--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-79, SMP Negeri 4 Sindang mengadakan acara karnaval dan perlombaan dengan tema “Bersatu dalam Kreasi Merayakan Kemerdekaan Indonesia,” yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 15-17 Agustus 2024. 

Hal tersebut disampaikan oleh ketua panitia karnaval, Dadang Haerul Anam. Acara dimulai pukul 07.30-12.00 WIB di lapangan SMP Negeri 4 Sindang. 

“Karnaval ini bertujuan untuk memeriahkan HUT RI Ke-79, dan juga menggali potensi kreatif siswa. Oleh karena itu, tema yang diambil yaitu lebih menekankan pada kreatifitas siswa yakni Bersatu dalam Kreasi Merayakan Kemerdekaan Indonesia,” ujar Dadang. 

Kegiatan karnaval tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru, Tenaga Administrasi Sekolah, serta seluruh siswa-siswi SMP Negeri 4 Sindang. Kegiatan yang diikuti diantaranya adalah lomba balok, lomba estafet pulpen, lomba balap kardus, lomba estafet sarung, lomba estafet  tepung, lomba matras berjalan, tarik tambang, lomba kebersihan, keindahan dan kerapihan kelas, serta lomba kostum menarik. 

Acara karnaval itu dilakukan dengan menggunakan kostum menarik sembari mengelilingi jalan sekitar SMP Negeri 4 Sindang. “Rute karnaval dimulai dari gerbang SMP Negeri 4 Sindang, lalu menuju jalan MT. Haryono,  melewati SMA Negeri 1 Sindang. Kemudian melewati Gor Singalodra, Rumah Sakit Umum Daerah, SMP Negeri 3 Sindang, dan SMP 2 Sindang selanjutnya kembali ke SMPN 4 Sindang” ucap Dadang.

 BACA JUGA:Liburan Seru di Kuningan dengan Mengunjungi 5 Spot Wisata Alam Paling Menakjubkan!

Pada acara karnaval, siswa memakai kostum menarik dan setiap kelas menggunakan tema yang berbeda. Salah satu kelas yang menarik perhatian adalah kelas 9B ,yang mengangkat tema Sintren dan Berokan, yang merupakan salah satu kesenian khas Indramayu. 

Diah Ayunda Wardhana selaku wali kelas 9B mengusulkan ide sintren sebab banyak anak muda yang mulai cuek dengan budaya zaman dulu. Ia ingin memperkenalkan lagi  budaya sintren kepada siswa-siswi SMP Negeri 4 Sindang melalui karnaval.

“Karnaval tahun ini saya pilih dua tema kesenian diantaranya Sintren dan Berokan. Alhamdulillah karnaval yang telah direncanakan berjalan dengan baik walaupun awalnya  banyak pilihan tema, namun tema Sintren dan Berokan banyak di pilih oleh siswa-siswi kelas 9B, dan berhasil mendapatkan juara 1 dengan tema menarik,” ungkap Diah. 

Seluruh siswi kelas 9B wali kelas berperan sebagai Sintren dengan menggunakan pakaian Sintren. Sementara sebagai siswa menggunakan pakaian komboran hitam. Beberapa siswa lainnya menggunakan kostum Berokan.

BACA JUGA:Yamaha Jabar Serahkan NMAX 'TURBO' TECH MAX ULTIMATE

Pemakaian kostum menarik ini menjadi sorotan publik ketika karnaval diadakan. Pendapat ini disampaikan langsung oleh tim penilai lomba kostum yakni Uswatun, salah satu guru  di SMP Negeri 4 Sindang. 

“Tema Sintren yang dipakai oleh kelas 9B ini terlihat sangat menonjol dibandingkan dengan kelas lainnya karena mereka sangan totalitas dalam memeriahkan HUT RI Ke-79 ini. Ketika karnaval diadakan, warga sekitar terlihat sangat antusias, melihat menariknya kostum yang digunakan,” kata Uswatun.

Acara yang mengangkat tema kesenian selalu menjadi perhatian publik sebab memiliki daya tarik anak muda atau warga lainnya. Hal tersebut juga dapat meningkatkan rasa bangga, sebagai bentuk cinta tanah air Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: