Meriahkan HUT RI ke 79, SMPN 2 Sindang Selenggarakan Upacara Bendera dan Aneka Lomba Tradisional

Meriahkan HUT RI ke 79, SMPN 2 Sindang Selenggarakan Upacara Bendera dan Aneka Lomba Tradisional

Pelajar SMPN 2 Sindang sedang mengikuti Lomba Bakiak HUT RI ke 79 (17/8/2024).--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 79, satuan pendidikan SMP Negeri 2 Sindang (Nedusi) Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, menggelar upacara bendera, yang dipimpin langsung Kepala Sekolah SMP Nedusi, Fajar Ismadi, selaku pembina upacara, bertempat di halaman sekolah. Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara bendera tersebut sebagai puncak acara memeriahkan HUT RI ke 79, yang pada hari sebelumnya pihak sekolah menyelenggarakan aneka lomba tradisional, yang diikuti seluruh pelajar mulai dari kelas VII hingga kelas XI serta para dewan guru.

Kepala Sekolah SMPN 2 Sindang, Fajar Ismadi, dalam sambutannya mengatakan, "kemerdekaan ini diraih atas perjuangan pahlawan, baik yang gugur dalam pertempuran maupun yang selamat dari serangan musuh, hingga bisa menyaksikan hari kemerdekaan yaitu tanggal 17 Agustus 1945, untuk itu jiwa patriotisme harus ditanamkan diri khususnya para pelajar sebagai generasi penerus bangsa untuk mengisi kemerdekaan ini, sehingga menjadikan bangsa  ini lebih maju. Mari tanamkan dalam diri kita patriot kebangsaan dan nasionalisme guna menyambut Nusantara Baru Indonesia Maju,” ucap Fajar Ismadi.

Fajar menambahkan, tujuan diadakannya aneka lomba tradisional yang diikuti oleh pelajar adalah untuk memperkenalkan budaya tradisional guna menjaga kearifan lokal, sehingga kecintaan terhadap bangsa dan tanah kelahirannya dapat tertanam dalam diri pelajar.

“Dengan mengikuti lomba tradisional diharapkan pelajar akan mencintai dan menjaga kearifan lokal, sekaligus menanamkan kebersamaan dan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.  

BACA JUGA:Keseruan Lomba 17 Agustus di Sekolah

Sementara itu Ketua OSIS SMPN 2 Sindang, sekaligus sebagai Ketua Pelaksana Lomba, Agitha Safira Prasista, menerangkan, lomba tradisional yang diselenggarakan pada tahun ini sebanyak lima macam lomba, yaitu lomba bakiak, balap karung, makan kerupuk, voli sarung dan lomba estafet air, yang diikuti siswa siswi sesuai tingkatan yaitu kelas VII, kelas VIII dan kelas IX. 

Masing-masing pemenang diberi penghargaan atau hadiah berupa paket bingkisan dari panitia. Untuk juara pertama lomba bakiak kelas VII diraih siswa kelas VII.D, lomba bakiak kelas VIII diraih siswa kelas VIII.G dan untuk kelas IX lomba bakiak diraih siswa kelas IX.B, sedangkan untuk estafet air juaranya adalah kelas VII.C, kelas VIII.I dan kelas IX.B, kemudian katagori lomba makan kerupuk untuk juara pertamanya adalah kelas VII.D, VIII.A dan kelas IX.G.  

Lomba voli sarung pada masing-masing tingkatan, untuk juara pertamanya dari kelas VII.B,  VIII.G dan IX.J, sedangkan pada lomba balap karung juara pertamanya adalah kelas VII.G,  VIII.I serta kelas IX.D. 

BACA JUGA:Semarak HUT RI Ke-79, Busana Sintren Siswa SMPN 4 Sindang Sorot Perhatian Masyarakat

“Kami atas nama panitia menyampaikan terima kasih atas dukungan Kepala Sekolah dan Dewan Guru, serta kerja sama kawan-kawan semua sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik,” kata Agitha. 

Kontributor/Penulis Berita: Ratu Zhaffira Aulia Rona Sahati.

Penulis adalah pemenang juara 3 dalam Lomba Menulis Berita HUT ke-79 Republik Indonesia, yang diadakan oleh Radar Indramayu. 

Data Diri Penulis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: