Buyut Ireng, Tokoh Legendaris yang Masih Dikenang Warga Desa Panyindangan Wetan

Buyut Ireng, Tokoh Legendaris yang Masih Dikenang Warga Desa Panyindangan Wetan

Gapura makam keramat Mbah Buyut Ireng, Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu (29/7/2024).-Burhanudin-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Nama Buyut Ireng mungkin terdengar asing bagi sebagian besar orang, namun bagi masyarakat Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang, Indramayu, beliau adalah sosok yang sangat dihormati dan dikenang.

Kisah tentang Buyut Ireng telah turun-temurun diwariskan dari generasi ke generasi, menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah desa.

Berdasarkan cerita dari seorang Juru Kunci makam Buyut Ireng bernama Rosim, sosok Buyut Ireng dipercaya sebagai tokoh yang sangat berpengaruh dalam mempersatukan masyarakat desa.

Beliau dikenal sebagai sosok yang bijaksana, adil, dan sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. Berkat kepemimpinannya, desa menjadi aman, tenteram, dan makmur.

BACA JUGA:Mahasiswa KKN-T IPB Hadirkan Festival Anak Ceria Penuh Warna

Sebagai bentuk penghormatan kepada Buyut Ireng, masyarakat Desa Panyindangan Wetan masih terus melestarikan tradisi unjungan.

"Tradisi ini berupa ziarah ke makam Buyut Ireng yang dilakukan secara berkala. Selain sebagai bentuk penghormatan, unjungan juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga," kata Rosim.

Pada hari Senin (29/7/2024), wartawan Radar Indramayu berkesempatan mengunjungi makam Buyut Ireng Desa Panyindangan Wetan, tampak kondisi sekitar Kebuyutan yang bersih, dan sejuk.

Menurut Rosim, keberadaan makam Buyut Ireng menjadi salah satu bukti sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Desa Panyindangan Wetan.

BACA JUGA:Bupati Indramayu Dukung Pelestarian Budaya di Unjungan Buyut Ireng

"Oleh karena itu, upaya pelestarian makam ini terus dilakukan. Pemerintah daerah pun turut berperan aktif dalam menjaga dan merawat makam Buyut Ireng," ujarnya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, yang beberapa waktu lalu mengunjungi makam Buyut Ireng, mengapresiasi upaya masyarakat dalam melestarikan warisan leluhur.

Beliau juga berpesan agar warga terus belajar, melestarikan, dan meneladani nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Buyut Ireng.

Saya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam melestarikan tradisi Unjungan Buyut Ireng. Tradisi seperti ini adalah kekayaan budaya kita yang harus terus kita jaga dan wariskan kepada generasi mendatang," ujar Nina.

BACA JUGA:Dukung Program De-Kat, Warga Tinumpuk Pasang PJU di 27 Titik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: