Bupati Indramayu Dukung Pelestarian Budaya di Unjungan Buyut Ireng

Bupati Indramayu Dukung Pelestarian Budaya di Unjungan Buyut Ireng

Bupati Indramayu, Nina Agustina, menyalami anak-anak dan warga setempat di Unjungan Buyut Ireng, Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang (27/7/2024).-Burhanudin-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID  - Dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya dan mempererat tali silaturahmi antarwarga, Bupati Indramayu, Nina Agustina, hadir langsung dalam acara Unjungan Buyut Ireng/Welasri di Desa Panyindangan Wetan, Kecamatan Sindang (27/7/2024).

Berdasarkan informasi yang didapat Radar Indramayu, kehadiran beliau menjadi momen bersejarah, mengingat ini adalah kali pertama seorang kepala daerah ikut serta dalam tradisi yang sarat makna ini.

Menurut Kuwu Desa Panyindangan Wetan, Nursidin, unjungan Buyut Ireng merupakan tradisi ziarah dan berdoa kepada leluhur yang telah tiada. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan kirab budaya keliling desa.

Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk menghormati para pendahulu, tetapi juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan.

BACA JUGA:Final Piala AFF U-19 Thailand vs Indonesia: Saatnya Ulangi Memori 2013

Bupati Indramayu, Nina Agustina, mengapresiasi semangat masyarakat dalam melestarikan budaya di tempat tinggalnya.

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam melestarikan tradisi Unjungan Buyut Ireng ini,” ujar Bupati Nina Agustina.

Nina juga berpesan kepada masyarakat Desa Panyindangan Wetan untuk terus melestarikan budaya tersebut.

“Tradisi seperti ini adalah kekayaan budaya kita yang harus terus kita jaga dan wariskan kepada generasi mendatang," pesannya.

BACA JUGA:Bupati Nina Tinjau Langsung Perbaikan Pasar Milik Pemkab

Lebih lanjut, Bupati Nina juga menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam menjaga kelestarian budaya.

“Saya berharap generasi muda dapat terus belajar dan mengenal lebih dalam tentang budaya leluhur kita. Dengan begitu, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dapat terus hidup dan berkembang,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini, Bupati Nina memberikan satu unit mobil siaga untuk pemerintah Desa Panyindangan Wetan.

Kuwu Nursidin mengucapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan Pemda Indramayu kepada Desa Panyindangan Wetan.

BACA JUGA:Rp10,8 M Ganti Rugi untuk 29 Bangunan di Dekat Tanggul Ambles

Kami ucapkan terima kasih atas bantuan mobil siaga, perbaikan jalan desa, dan irigasi persawahan. Kemudian, di tengah kesibukan ibu Bupati menyempatkan hadir, kami bangga punya Bupati yang memikirkan rakyatnya,” kata Nursidin.

Ia juga berharap tradisi ini akan tetap lestari di masa yang akan datang.

"Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan tradisi Unjungan Buyut Ireng dapat terus lestari dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas budaya masyarakat Indramayu," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: