Dukung Program De-Kat, Warga Tinumpuk Pasang PJU di 27 Titik

Dukung Program De-Kat, Warga Tinumpuk Pasang PJU di 27 Titik

Salah seorang warga sedang memasang Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Raya Tinumpuk (28/7/2024).-Burhanudin-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU,RADARINDRAMAYU.ID – Dalam semangat gotong royong dan mendukung program pemerintah Kabupaten Indramayu, warga Desa Tinumpuk Blok Tinumpuk Cilik, secara aktif berpartisipasi dalam pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU), di sepanjang jalan raya Desa Tinumpuk, Ahad, 28 Juli 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program unggulan Bupati Indramayu, Nina Agustina, yaitu Desa Kabeh Terang (De-Kat).

Dengan penuh antusias, warga desa bahu-membahu memasang tiang lampu dan lampu PJU di sepanjang jalan desa.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menerangi jalanan, tetapi juga menciptakan suasana yang lebih aman dan nyaman bagi masyarakat.

BACA JUGA:Final Piala AFF U-19 Thailand vs Indonesia: Saatnya Ulangi Memori 2013

Pemasangan PJU diketahui berjumlah 27 titik di Desa Tinumpuk, Blok IV (Tinumpuk Cilik) RT 03 RW 06.

Suhaemin, salah satu penggerak warga, mengungkapkan harapannya setelah pemasangan PJU ini.

"Kami sangat senang bisa ikut berpartisipasi dalam program ini. Dengan adanya PJU, jalanan di desa kami menjadi lebih terang dan kami merasa lebih aman saat beraktivitas di malam hari," katanya

Suhaemin juga menambahkan bahwa pemasangan PJU tersebut dilakukan warga secara sukarela.

BACA JUGA:Bupati Nina Tinjau Langsung Perbaikan Pasar Milik Pemkab

"Pemasangan PJU ini hasil sumbangsih warga Tinumpuk cilik secara sukarela, dan dilaksanakan secara gotong-royong”, tambahnya.

Program De-Kat sendiri merupakan inisiatif pemerintah Kabupaten Indramayu untuk menerangi seluruh desa di wilayahnya.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya di bidang keamanan dan perekonomian.

Dengan adanya penerangan yang memadai, diharapkan aktivitas masyarakat di malam hari dapat berjalan lebih lancar dan produktif.

BACA JUGA:Rp10,8 M Ganti Rugi untuk 29 Bangunan di Dekat Tanggul Ambles

Rusyad Nurdin, Camat Juntinyuat, mengapresiasi semangat warga.

"Kami mengapresiasi semangat gotong royong warga Desa Tinumpuk Blok Tinumpuk Cilik. Partisipasi aktif masyarakat sangat penting untuk keberhasilan program De-Kat. Kami berharap, dengan adanya PJU ini, terwujud lingkungan yang lebih terang dan aman," ujar dia.

Pemasangan PJU di Desa Tinumpuk Cilik merupakan salah satu bukti nyata bahwa program De-Kat telah berhasil membangkitkan semangat gotong royong di masyarakat.

Dalam penerapan program pemerintah, Rusyad menjelaskan bahwa perlu adanya kerja sama antara pemerintah dengan masyarakat.

"Bahwa konsep keberlanjutan pembangunan di desa perlu adanya sebuah sinergitas dari berbagai unsur, salah satunya adalah peran serta warga masyarakat. Karena Bupati Indramayu, Ibu Hj. Nina Agustina, selalu menegaskan pentingnya membangun sinergitas dengan berbagai unsur, di samping dengan Forkopimcam kecamatan Juntinyuat, para UPTD, dan lembaga yg ada dalam wilayah desa, juga unsur warga masyarakat. Sehingga, pencapaian sebuah tujuan program akan mudah terlaksana.
Dan ini berlaku juga untuk semua desa yg berada dalam wilayah kecamatan Juntinyuat, semua kuwu harus mambangun sinergitas," jelasnya.

BACA JUGA:Kemenkumham RI Raih Opini “WTP” ke-15 Berturut-turut dari BPK RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: