Masuk Tiga Besar, Desa Krasak Optimis Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Masuk Tiga Besar, Desa Krasak Optimis Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten

SAMBUT: Anak-anak binaan rumah Tari Rudat Angling Darma membawa tari rudat saat pembukaan penilain lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

JATIBARANG, RADARINDRAMAYU.ID – Masuknya tiga besar dalam lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu, Pemdes Krasak Kecamatan Jatibarang optimis juarai lomba desa tingkat Kabupaten Indramayu tahun ini.

Hal itu di ungkapkan, Kuwu Krasak Khairul Isma Arif SPd pada Radar Indramayu, Kamis (16/5). Menurutnya dengan masuknya Desa Krasak tiga besar merupakan capaian yang luar biasa karena harus bersaingan dengan desa-desa lainnya yang mewakili kecamatan di Kabupaten Indramayu.

"Tentu kita selalu optimis, ini juga berkat kerjasama semua pihak, mulai dari Pemcam Jatibarang, dan dukungan dari lembaga-lembaga desa, dan masyarakat Krasak," ujarnya.

Selain dari segi administratif penilian juga dilakukan dengan melihat secara langsung potensi-potensi lokal desa yang menjadi produk unggulan hasil inovasi desa yang telah berkembang.

"Jadi apa yang kami sampaikan kepada tim penilian, ada semua dan kami sebagai pemdes selalu mendukung potensi yang ada dan berinovasi untuk kemandian masyarakat desa," kata Isma.

BACA JUGA:Optimalkan SPAM Salamdarma, Ribuan Rumah Bakal Nikmati Air Bersih

Dikatakan Isma di Desa Krasak terdapat berbagai potensi lokal, seperti di sektor pertanian atau perkebunan hasilkan beras organik dan buah mangga termasuk buah gedonh gincu, produk olahan makanan, dan produk kerajinan topeng, dan produk UMKM lainnya.

"Kita gandeng semua, ini menjadi produk unggulan masyarakat desa yang bisa meningkatkan perekonomian desa, ada beras organik yang sudah tersertifikat organik, ada topeng yang sudah sampai dipasarkan hingga keluar negeri juga," terang.

Selain menggali potensi desa, Desa Krasak juga memiliki inovasi perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) bahkan telah merancang aturan desa terkait hal tersebut. Selanjutnya dalam pelestarian seni budaya lokal desa, dengan adanya sanggar atau rumah Tari Rudat Angling Darma dimana tari rudat sendiri merupakan kesenian lokal asli dari Desa Krasak, dan inovasi-inovasi lainnya.

"Sangat bersyukur bisa masuk tiga besar, potensi-potensi yang sudah tergali akan terus kita support penuh, dan dengan inovasi-inovasi desa yang sudah kami lakukan semoga dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat, menuju Krasak Berdaulat, Indramayu Bermartabat," kata Isma.

BACA JUGA:Ke Cirebon, Kak Seto: Perlu Treatment Khusus Tangani Anak yang Alami Depresi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: