Mudik Gratis Lebaran 2024, Kemenhub Sediakan Lebih dari 30 Ribu Kuota dengan Berbagai Tujuan

Mudik Gratis Lebaran 2024, Kemenhub Sediakan Lebih dari 30 Ribu Kuota dengan Berbagai Tujuan

SIAP MUDIK: Kereta masih menjadi pilihan untuk mudik Lebaran. Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan 722 unit bus untuk melayani masyarakat dalam Program Mudik Gratis.-JAWA POS-RADAR INDRAMAYU

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Lebaran tahun ini, ada yang paling di tunggu-tunggu bagi warga yang berada dirantauan. Para perantau yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 jangan khawatir karena pemerintah akan kembali mengadakan program Mudik Gratis.

Dilansir dari Antara, Rabu (6/3), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyebutkan bahwa pihaknya telah menyiapkan 722 unit bus untuk melayani masyarakat dalam Program Mudik Gratis.

Menurut Hendro Sugiatno selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub mengatakan hal tersebut dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Tidak hanya itu saja, Hendro juga mengatakan pihaknya telah menyediakan 30.088 kuota mudik gratis bagi masyarakat yang terbagi untuk arus mudik dan arus balik.

BACA JUGA:Perbedaan Awal Puasa Itu Lumrah, MUI: Tak Perlu Dibesar-besarkan

“Dari sejumlah unit bus tersebut, Ditjen Hubdat menyediakan sebanyak 30.088 kuota mudik gratis yang terdiri dari 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik,” ujarnya.

Kemenhub melalui Ditjen Hubdat juga telah menyediakan 900 unit kuota pengangkutan sepeda motor dengan truk secara gratis pada musim Lebaran tahun 2024. “Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik yang akan diangkut dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang akan diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi, total akan ada 30 unit truk,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait kota tujuan mudik dan balik di tahun 2024 ini menurutnya ada sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, dan wilayah Sumatera.
Untuk tiga kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Lalu untuk di Provinsi Jawa Tengah terdapat 19 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta.

BACA JUGA:Kompakdesi Indramayu Siap Berkolaborasi Bangun Daerah

Sementara di Provinsi Jawa Timur terdapat 5 kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di wilayah Kalimantan ada dua kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun, serta di wilayah Sumatera ada empat kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

“Untuk kota asal arus balik nanti terdapat di sembilan kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta, dan Palembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan mudik dan balik bagi pengangkutan sepeda motor ada sebanyak lima kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” imbuhnya.

“Pendaftaran mudik gratis akan dibuka mulai tanggal 6 Maret 2024 hingga tanggal 3 April 2024 atau saat kuota melalui aplikasi MitraDarat sudah habis. Aplikasi dapat terlebih dulu diunduh di Appstore atau Playstore,” kata Hendro.

BACA JUGA:Pasca Banjir, Polwan Polresta Cirebon Kerja Bakti Bantu Warga Bersihkan Fasilitas Umum di Desa Sidaresmi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: