Satgas Damai Cartenz Baku Tembak dengan KKB, 1 Anggota Separatis Teroris Tewas, 2 Ditangkap

Satgas Damai Cartenz Baku Tembak dengan KKB, 1 Anggota Separatis Teroris Tewas, 2 Ditangkap

BARANG BUKTI: Petugas menunjukkan sejumlah senjata yang disita dari KST setelah baku tembak di Kabupaten Puncak, Sabtu (3/2). -Satgas Damai Cartenz -RADAR INDRAMAYU

PAPUA, RADARINDRAMAYU.ID – Kelompok separatis teroris (KST) di Papua kembali berulah. Pada Sabtu (3/2), mereka membakar dua puskesmas. Satgas Damai Cartenz yang bertindak kemudian terlibat baku tembak. Seorang anggota KST tewas dan dua lainnya berhasil ditangkap.

Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia mengungkapkan, petugas melakukan patroli gabungan TNI dan Polri pada Sabtu pukul 12.11. Saat itu, tim patroli mendapatkan informasi adanya aksi KST yang membakar Puskesmas Omukia, Kabupaten Puncak. ”Kami langsung ke tempat kejadian perkara (TKP),” katanya melalui keterangan tertulis kemarin (5/2).

Petugas kemudian mendapati adanya anggota KST di belakang Puskesmas Omukia. Baku tembak pun terjadi. ”Dalam baku tembak, KST mencoba untuk kabur,” paparnya.

Petugas yang melakukan pengejaran berhasil menembak satu anggota KST yang kemudian diketahui bernama Warinus Murib. Dia tewas dalam baku tembak tersebut. Warinus Murib diketahui juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). ”Lalu, kami berhasil menangkap dua anggota KST lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:Logistik Pemilu 2024 Mulai Didistribusikan

Dua anggota KST yang ditangkap itu berinisial AM dan DK. Keduanya diduga merupakan anggota KST pimpinan Numbuk Telenggen. ”Keduanya sedang dalam pemeriksaan,” jelas Nyoman.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengatakan, dalam kejadian itu berhasil disita sejumlah barang bukti. Yakni, satu pucuk senjata api jenis mouser, dua senapan angin, satu lembar bendera Bintang Kejora, satu buah handphone, satu magazin jenis SS1, dan 17 butir amunisi kaliber 5,56 mm.

Setelah kejadian pembakaran Puskesmas Omukia pada siang hari, malam harinya KST juga melakukan pembakaran di Puskesmas Erobaga.

Sementara itu, Kasatgas Damai Cartenz Kombespol Faizal Ramadhani mengatakan, petugas berkomitmen untuk terus mengejar KST yang melakukan teror pembakaran gedung atau puskesmas.
BACA JUGA: Polisi Amankan 2 Kilogram Ganja Kering dan 24 Gram Sabu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: