Tanggul Sungai Cimanuk Ambles, Air Sungai Sempat Rendam Sawah

Tanggul Sungai Cimanuk Ambles, Air Sungai Sempat Rendam Sawah

CEK LOKASI: Pemdes Tersana Kecamatan Sukagumiwang melakukan peninjaun titik Tanggul Cimanuk Blok Jati Desa Tersana yang ambles dan terputus, kemarin. -Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

SUKAGUMIWANG, RADARINDRAMAYU.ID - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kecamatan Sukagumiwang membuat Tanggul Sungai Cimanuk, tepatnya di Blok Jati Desa Tersana ambles terseret longsor, Jumat (2/2).

Akibat Tanggul Sungai Cimanuk ambles, tembok penahan tanah (TPT) juga ambruk sehingga terputus. Kondisi itu, membuat air masuk kesawah milik warga saat Sungai Cimanuk meluap.

Pj Kuwu Tersana, Tamrin SIP menerangkan,  pertama kali tanggul ambles pada Rabu (31/1) lalu. Pada saat itu, kata Tamrin, wilayah Desa Tersana diterjang hujan deras. Kemudian, pemdes bersama warga melakukan perbaikan sementara dengan menggunakan karung yang berisi tanah.

“Kamis kita tinjau bersama seluruh stakeholder dari BPBD, BBWS, dan PUPR, belum terputus, hanya ambles dan masih bisa dilewati. Tapi sekarang sudah putus tidak bisa dilewati, ada dua titik semuanya di Blok Jati,” ungkap Tamrin.

BACA JUGA:Siaga Bencana pada Pemilu 1.800 Personel BPBD Diterjunkan di Kecamatan

BACA JUGA:Polisi Beberkan Motif Pembunuhan Teman Kencan, Terduga Pelaku Terancam Hukuman Mati

Dijelaskan Tamrin, Tanggul Cimanuk yang ambles sedalam 30 meter, dengan lebar 150 meter. Selain itu, tanah ambles telah merembet ke tanah milik warga seluas 200 meter. Untuk itu, lanjut Tamrin, membutuhkan penanganan cepat agar tanah ambles tidak tidak semakin meluas memakan tanah warga.

“Kami telah berkoordinasi dengan berbagai pihak baik itu dengan BPBD dan PUPR untuk meminta dilakukan penanganan,” akunya.

Lebih lanjut, dikatakan Tamrin, pihak pemdes bersama warga dalam waktu dekat akan gotong royong melakukan perbaikan tanah yang ambles dengan pemasangan karung berisi tanah.

“Pemasangan karung berisi tanah sifatnya sementara sebelum ada perbaikan permanen. Kita berharap, langkah ini bisa menahan luapan air agar tidak masuk ke areal sawah yang baru ditanam,” ujarnya. (oni)

BACA JUGA:1.246 Knalpot Brong Hasil Sitaan Akan Dijadikan Tugu Udang oleh Polresta Cirebon

BACA JUGA:Pembunuhan Berkedok Bunuh Diri Terungkap, Korban dan Pelaku Jalin Hubungan Asmara Sesama Jenis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: