Waduh! Belum Lama Diresmikan, Beberapa Bagian Alun-alun Pataraksa Sudah Rusak Parah

Waduh! Belum Lama Diresmikan, Beberapa Bagian Alun-alun Pataraksa Sudah Rusak Parah

RUSAK: Kerusakan di Alun-alun Pataraksa, kemarin. Pemkab Cirebon memastikan sudah menyurati pelaksana proyek untuk segera melakukan perbaikan.-Andri Wiguna-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Revitalisasi Taman Pataraksa menjadi Alun- alun Pataraksa menelan total anggaran Rp15,5 miliar. Area terbuka yang berada di kompleks Perkantoran Pemkab Cirebon itu baru diresmikan bulan November 2023. Tapi, kondisinya kini sudah mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Kerusakan pada beberapa bagian itu diakui juga oleh Kabid Pertamanan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon Agus Muklis. Menurut dia, kerusakan pertama terlihat pada bagian gapura tradisional yang mengalami retak panjang.

Ia mengatakan retakan pada gapura tersebut masih harus dianalisa lagi oleh tim ahli sehingga penanganan yang diambil bisa tepat. “Pada salah satu sisi bagian gapura tradisional ada retakan besar. Ini nanti dilihat apakah bisa ditambal atau harus dibongkor ulang," ujarnya, Selasa (2/1/2024).

Diterangkan Agus Muklis, pihaknya sudah mengirim surat ke pelaksana proyek. “Kita sudah kirim surat ke pelaksana proyek karena kerusakan ini masih dalam masa pemeliharaan sehingga menjadi tanggung jawab pelaksana proyek," imbuh Agus.

BACA JUGA:Makam Ibu dan Anak Dibongkar Untuk Kebutuhan Otopsi Kasus Dugaan Malpraktik di RSUD Sentot

BACA JUGA:Unpar Buka Jalur USM 1 Bagi Calon Mahasiswa Baru 2024

Berikutnya, kerusakan yang terlihat juga terjadi pada bagian lantai andesit, yakni pada bagian tangga taman. Beberapa bagian ambles sehingga membuat dua sisi pada bagian lantai tangga mengalami kerusakan. “Pada bagian lantai andesit ini belum stabil sehingga ketika terkena hujan dengan intensitas tinggi membuat beberapa bagian ambles. Ini juga sudah kita minta untuk diperbaiki," terang Agus.

Bagian lainnya juga yang mengalami kerusakan adalah pada bagian pedestrian. Pada bagian pemasangan batu sikat terlihat kerusakan dan saat ini sudah ada beberapa bagian yang surah diperbaiki di bagian pedestrian. “Untuk pelaksanaan proyek tahap kedua itu catatannya ada tiga hal itu," jelas Agus.

Namun demikian, sambung Agus, ada satu bagian lagi yang haris dilakukan perbaikan. Pada bagian tengah lapang Taman Pataraksa yang merupakan bagian dari proyek pelaksanaan tahap pertama. Pada bagian itu kini terlihat banyak genangan air hujan.

“Nah untuk bagian lapangan tengah itu ada genangan, harusnya memang itu dibuat agak tinggi jadi air tidak tertampung di bagian tengah. Ini yang sedang kita fikirkan caranya," tandasnya.

BACA JUGA:Bawaslu Pastikan Kebutuhan di TPS Terpenuhi

BACA JUGA:Marak Konten Geng Motor, Polisi Pastikan Banyak Video Hoaks

Sebelumnya, pada November 2023, Bupati Cirebon Imron MAg mengatakan revitalisasi Alun-alun Pataraksa sudah selesai. Tapi, kata dia, masih ada sedikit kekurangan pada proses pembangunan tersebut dan harus diselesaikan oleh pihak pelaksana proyek.

Dijelaskan Imron, revitalisasi Pataraksa menggunakan bantuan keuangan Pemprov Jawa Barat. Prosesnya, menurut Imron, tidak mudah. Sehingga ketika bangunannya sudah jadi maka harus dirawat dan dijaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: