Peringatan HSN 2023 di Kampus Hijau Kaplongan, 104 Anak Ikuti Khitanan Massal

Peringatan HSN 2023 di Kampus Hijau Kaplongan, 104 Anak Ikuti Khitanan Massal

Pemberian santunan kepada peserta khitanan massal di Yayasan Darul Ma'arif Kaplongan, Sabtu 21 Oktober 2023-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Sebanyak 104 anak mengikuti khitanan massal yang digelar Yayasan Darul Ma'arif (Kampus Hijau) Kaplongan, Indramayu, Sabtu 21 Oktober 2023.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023.

Sebelum dilakukan khitanan massal, peserta terlebih dahulu mengikuti kirab atau arak-arakan, hingga memenuhi jalan di Kecamatan Karangampel, Kabupaten Indramayu. 

Kirab diikuti ribuan peserta, mulai dari peserta khitanan beserta keluarganya, para siswa dan santri di lingkungan Yayasan Darul Ma'arif Kaplongan. 

BACA JUGA:Mengenai Dua Jasad Tanpa Kepala Asal Indramayu, Keluarga Ikhlas Dimakamkan di Lampung

Setelah mengikuti kirab, peserta yang telah mendaftar selanjutnya menerima sedekah dari keluarga besar yayasan, sebelum dikhitan. Mereka juga mendapatkan pakaian lengkap, obat-obatan dari dokter, serta satu ekor bekakak ayam. 

Usai dikhitan masing-masng peserta juga mendapatkan hadiah satu buah sepeda mini. 

Ketua Dewan Pembina Yayasan Darul Ma'arif Kaplongan, H Dedi Wahidi mengatakan, khitanan massal sudah menjadi agenda rutin setiap tahun, dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional. 

"Peserta khitanan massal selalu membludak. Tahun ini kita targetnya 100 anak, tapi ternyata masih ada yang menyusul hingga menjadi 104 anak, " kata Dedi Wahidi. 

BACA JUGA:Melihat Aktivitas di Desa Digital Cangkingan: Mengurus Surat-surat Lebih Cepat, Ada Lapak Jualan Online

Dewa, sapaan akrabnya, juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah, yang telah memberi hadiah kepada para santri, dengan menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. 

Sementara Ketua Panitia Peringatan HSN Tahun 2023 Yayasan Darul Ma'arif Kaplongan, Boby Faishal Hasri menjelaskan, banyak sekali kegiatan yang digelar dalam rangka HSN tahun ini. 

Selain khitanan massal, juga ada kegiatan lomba-lomba seperti sepakbola, futsal, dan lomba-lomba hafalan Al Qur'an, pidato, menari, dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada kegiatan sosial berupa donor darah. 

Dalam peringatan HSN Tahun 2023 ini juga dilakukan pembagian karpet bagi 24 masjid/musala, yang dilakukan bertepatan dengan upacara Peringatan HSN, Minggu 22 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: