Hujan Sudah Mengguyur Daerah Tetangga Indramayu, Berikut Ini Doa saat dan setelah Turun Hujan Beserta Artinya

Hujan Sudah Mengguyur Daerah Tetangga Indramayu, Berikut Ini Doa saat dan setelah Turun Hujan Beserta Artinya

Ilustrasi hujan-DOK-

 

RADARINDRAMAYU.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis kondisi cuaca Indramayu dan sekitarnya pada Minggu (15/10/2023), cerah pada pagi samai siang hari, dan berawan dari sore hingga malam hari.  

Namun, di sejumlah daerah tetangga Indramayu, seperti Kota Cirebon sudah turun hujan ringan pada pagi hari sekitar pukul 05.15.

Hujan yang turun sekitar 10 menit itu, sangat disyukuri oleh masyarakat, dengan memosting suasana hujan di sejumlah media sosial milik mereka.  

Dalam Islam, hujan merupakan rahmat dan berkah dari Allah SWT.  Allah Ta'ala berfirman dalam Alquran bahwa hujan yang turun ke bumi sebagai rahmat yang diperlukan untuk seluruh makhluk.

BACA JUGA:Buka Rakerda ICMI, Bupati Indramayu Minta Tingkatkan SDM dan Dukung E-Warung untuk Kesejahteraan Umat

“Dan Dialah yang menurunkan hujan setelah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Maha Pelindung, Maha Terpuji” (QS. Asy-Syura: 28).

Dengan turunnya hujan, tanah tidak lagi kering. Sumber air kembali melimpah sehingga masyarakat tidak lagi mengalami krisis air sehingga bisa dikatakan air hujan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat.

Para petani sangat bergantung akan pasokan air untuk menyuburkan tanaman dan perkebunannya. Tanpa hujan, petani akan sulit dapat panen. 

Tanpa panen, maka pasokan pangan berkurang dan menyebabkan banyak masalah kelaparan, penyakit, kekeringan dan lain-lain.

BACA JUGA:Kembali Ngantor di Kecamatan, Bupati Indramayu Dorong Pemberdayaan Purna Pekerja Migran lewat Program Peri

Dengan air hujan pula tumbuhan menjadi subur. Tumbuhan yang subur dan tumbuh dengan baik mampu memberi manfaat bagi manusia lewat buahnya, pohon yang rindang, dan manfaat lain.

Islam juga menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa ketika hujan turun, saat hujan lebat, dan setelah hujan reda. 

Hal ini sebagai wujud rasa syukur dan memohon perlindungan agar saat hujan turun tidak mendatangkan bahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: