Tembus Lima Besar, Kelompok Bakti Tani Desa Kopyah Bersaing di Lomba P3A Tingkat Nasional

Tembus Lima Besar, Kelompok Bakti Tani Desa Kopyah Bersaing di Lomba P3A Tingkat Nasional

TINGKAT NASIONAL – Tim evaluasi kinerja P3A tingkat nasional melaksanakan visitiasi ke sekrtariat Kelompok Bakti Tani Desa Kopyah Kecamatan Anjatan yang berhasil menembus lima besar kategori Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Terbaik Nasional.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

ANJATAN, RADARINDRAMAYU.ID – Prestasi membanggakan diraih Kelompok Bakti Tani Desa Kopyah Kecamatan Anjatan. Mewakili Kabupaten Indramayu, berhasil menembus lima besar kategori Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Terbaik Nasional.

Atas kesuksesan itu, Kelompok P3A Bakti Tani Desa Kopyah dikunjungi tim dari Kementerian PUPR duntuk melakukan visitasi, kemarin (15/9).

Hadir pada kegiatan tersebut yaitu Kepala BBWS Citarum, perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu, Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Bapeda Litbang Kabupaten Indramayu, Kepala Perum Jasa Tirta II Seksi Patrol, Camat Anjatan bersama Forkopimcam Anjatan, Kuwu Desa Kopyah, Kuwu Desa Lempuyang, Ketua KTNA Kecamatan Anjatan, dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan evaluasi kinerja P3A tingkat nasional ini juga diwarnai dengan pameran produk ekonomi kreatif binaan dari Kelompok Bakti Tani yaitu berupa Keripik Sukun, Lemon Segar, Beras Merah, Olahan Bolu, Buah Mangga dan lainnya.

BACA JUGA:Driver Ojol dan Opang Uji Ketangkasan Lalu Lintas

BACA JUGA:Baher Wujudkan Masyarakat Hutan Cikawung Nikmati Sambungan Listrik PLN Gratis

Perlu diketahui, P3A sendiri adalah kelembagaan pengelolaan irigasi yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah layanan/petak tersier atau desa yang dibentuk secara demokratis oleh petani pemakai air termasuk lembaga lokal pengelola irigasi.

Sementara tujuan diselenggarakan lomba ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan partisipasi P3A dalam pengelolaan irigasi. Mendorong peningkatan kompetensi dalam hal teknik keirigasian, teknik pertanian, kelembagaan, sosial-ekonomi dan finansial. Sekaligus mendorong peningkatan kinerja dengan memberikan apresiasi pada P3A yang mempunyai kinerja terbaik.

Lomba ini pertama kali dilaksanakan di tahun 2017 dan berdasarkan penilaian yang telah dilakukan sebelumnya, Kelompok Bakti Tani Desa Kopyah terpilih menjadi salah satu dari 5 nominasi dengan nilai tertinggi di tingkat nasional.

Camat Anjatan mengungkapkan, atas pencapaian tersebut, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih Kelompok P3A Bakti Tani Desa Kopyah.

BACA JUGA:Waduh! Timnas Indonensia U-24 Tanpa Ramadhan Sananta di Asian Games 2023. Siapa Penggantinya?

BACA JUGA:Warga Kecamatan Sindang Dukung Hj Ratnawati Nyaleg di DPRD Jawa Barat

Bupati Nina berharap akan meraih kemenangan di lomba ini. Prestasi ini menjadi motivasi bagi kelompok tani maupun kelompok P3A lainnya di Bumi Wiralodra.

"Indramayu sebagai lumbung padi nasional sudah seharusnya selalu unggul dalam hal pertanian dan segala bentuk pendukungnya. Semoga penilaian yang dilaksanakan dapat menjadikan Kelompok Bakti Tani menjadi juara satu nasional dan menjadi motivasi kelompok tani lainnya," kata dia. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: