Kemenag Jalin Kerjasama dengan CQU Australia, Tidak Hanya Beasiswa Namun Beberapa Bidang

Kemenag Jalin Kerjasama dengan CQU Australia, Tidak Hanya Beasiswa Namun Beberapa Bidang

Dirjen Pendis dan CQU Australia jalin kerjasama-Kemenag-RADAR INDRAMAYU

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Belum lama ini Direktorat Pendidikan Tinggi Agama ( Diktis) Kemenag bersama Central Queensland University (CQU) Australia, Nick Klomp telah memperbarui perjanjian kerjasamanya.

Selama ini kerjasama yang dilakukan hanya terfokus pada pemberian beasiswa kuliah di Australia.

Ya, pemberian beasiswa kuliah di Australia bagi civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) saja, namun sekarang diperluas mencakup banyak bidang.

Dan pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU) ini ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Islam, M.Ali Ramdhani dan Rektor (Vice Chancellor and President) Central Queensland University (CQU) Australia, Nick Klomp.

BACA JUGA:Kasus Penipuan, Warga Cirebon dan Indramayu yang Gagal ke Polandia Minta Polres Ciko Tangkap Pelakunya

BACA JUGA:Warga Dibuat Geger, Gara-gara Tukang Becak Ditemukan Meninggal di Jalan Kalibaru Cirebon

Seperti yang dikatakan Ali Ramdhani bahwa PTKI sangat ingin bekerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri yang memiliki reputasi global. Pihaknya ingin kerja sama ini dapat direalisasikan sesegera mungkin agar peningkatan mutu kampus lebih cepat.

"Kami ingin kerja sama ini dapat segera diimplementasikan. Kalau perlu tahun ini dapat dilaksanakan. Minimal tahun ini dilakukan persiapan, dan tahun depan dapat terwujud," jelasnya di Jakarta, dikutip dari kemenag.go.id, Jumat, 8 September 2023.

Sedangkan menurut Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, merinci komponen kerja sama dua pihak. kerja sama Diktis dan CQU Australia tidak sebatas pemberian beasiswa S3 (doktoral), namun juga meliputi semua kerjasama akademik. Misalnya, joint degree, joint research, visiting professor, student mobility, dan lainnya.

"Kami ingin kerja sama ini dibuat lebih luas, bukan saja soal beasiswa, tetapi kerja sama akademik yang lain, sehingga MoU ini mencakup MOSMA (MORA Over Seas Student Mobility Award); Degree Programs (Under Graduate, Master, and Ph.D); Exchange student; Visiting profesorship; joint research; dan Double degree", tandasnya.

BACA JUGA:Wujudkan Indramayu Bermartabat Melalui MTQ

BACA JUGA:Waduh! YouTube DPR RI Diretas, Begini Kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar

Saat ini terdapat 11 mahasiswa yang menerima beasiswa program doktoral (Ph.D). Mereka sedang menyelesaikan perkuliahannya di CQU.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: