Gelar Rakerdis, Momentum Transformasi LSM GMBI Distrik Indramayu Tingkatkan Ketahanan Regional

Gelar Rakerdis, Momentum Transformasi LSM GMBI Distrik Indramayu Tingkatkan Ketahanan Regional

RAKERDIS - DPD LSM GMBI Distrik Indramayu menggelar Rakerdis Bertempat di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan, Sabtu (19/8).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

ANJATAN, RADARINDRAMAYU.ID – DPD Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Bawah (GMBI) Distrik Indramayu menggelar Rapat Kerja Distrik (Rakerdis), Sabtu (19/8).

Bertempat di GOR Habitat Lempuyang, Kecamatan Anjatan, Rakredis ke-21 ini mengangkat tema ‘Transformasi LSM GMBI dalam Rangka Bela Negara: Penguatan Peran LSM GMBI Indramayu dalam Meningkatkan Ketahanan Regional melalui Optimalisasi Pentahelix’.

Acara pembukaan dihadiri langsung Panglima DPP LSM GMBI, Yudi Tahyudin Sunardja beserta sejumlah pengurus pusat.

Hadir pula Ketua DPRD Kabupataen Indramayu, H Syaefudin SH beserta jajaran Forkompimda, utusan Kesbangpol, unsur Forkompimcam Anjatan serta perwakilan Ormas/OKP se-Bumi Wiralodra.

BACA JUGA:Satu Petahana, Empat Wajah Baru Anggota Bawaslu Indramayu Periode 2023-2028

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Persib Bandung vs PSIS : Menang Melawan 9 Pemain, Dua Gol dari Tendangan Pinalti

Ketua LSM GMBI Distrik Indramayu, Ono Cahyono mengatakan, ketahanan regional menjadi salah satu pilar utama dalam mencapai ketahanan nasional yang kokoh dan berkelanjutan.

Untuk mencapai ketahanan regional yang optimal, kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk LSM menjadi sangat penting.

Dalam konteks ini, LSM GMBI memiliki peran yang krusial dalam mengoptimalkan pilar pentahelix yakni pemerintah, akademisi, industri, masyarakat, dan media untuk mencapai tujuan ini.

“Sebagai LSM yang memiliki komitmen kuat terhadap isu-isu sosial dan lingkungan. LSM GMBI telah lama berdedikasi untuk berkontribusi dalam mengatasi berbagai isu yang terkait dengan ketahanan regional. Melalui program-program yang dijalankan, LSM GMBI berusaha untuk memperkuat ketahanan wilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

BACA JUGA:West Java Forest Festival 2023, Berdayakan Masyarakat Lewat Penjagaan Fungsi Hutan

BACA JUGA:Caleg PKB dari Indramayu dan Cirebon Ikuti Pembekalan Lewat Akademi Kepemimpinan Dipantara

Selain aktif terlibat dalam program lapangan, LSM GMBI juga berperan dalam melakukan advokasi kebijakan dan pendidikan masyarakat tentang pentingnya ketahanan regional serta bidang lainnya.

Panglima DPP LSM GMBI, Yudi Tahyudin Sunardja mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Rakerdis LSM GMBI Distrik Indramayu. Menjadi implementasi konsep dan gagasan transformasi menjadi rencana kerja serta road map LSM GMBI 2020-2030 demi mencapai tujuan organisasi.

“Kegiatan Rakerdis ini merupakan program umum yang sekarang secara maraton dilaksanakan di seluruh Indonesia. Kami berharap Rakerdis Indramayu ini dapat melahirkan ide-ide dan program yang bisa membantu kemajuan Pemkab Indramayu. Mampu bersinergi, berkolaborasi dengan banyak pihak,” harapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, H Syaefudin SH memberikan selamat atas terselenggaranya Rakerdis. Iapun menyampaikan apresiasi atas peran nyata LSM GMBI dalam turut mendukung kemajuan daerah Bumi Wiralodra.

BACA JUGA:Ramai Diikuti Ribuan Perwakilan Pesantren, Mumtaz Festival 2023 dan Temu Bisnis OPOP Hadir di Masjid Al Jabbar

BACA JUGA:Partai Politik Deklarasikan Pemilu Damai

“Saya berharap peran LSM GMBI dimasa mendatang terus ditingkatkan. Seiring dengan itu, Pemkab Indramayu juga harus memberikan perhatian lebih kepada LSM, Ormas, OKP maupun lainnya. Minimal ada bantuan anggaran untuk pemberdayaan organisasi. DPRD siap mendukung,” jelasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: