Sosialisasi 4 Pilar: Ajak Petani Indramayu Lestarikan Gotong Royong, Pertahankan Status Lumbung Padi Nasional

Sosialisasi 4 Pilar: Ajak Petani Indramayu Lestarikan Gotong Royong, Pertahankan Status Lumbung Padi Nasional

Ono Surono Ajak Petani Indramayu Lestarikan Gotong Royong, Pertahankan Status Lumbung Padi Nasional-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

BONGAS, RADARINDRAMAYU.ID  - Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono ST menggelar sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika di Desa Bongas, Kecamatan Bongas, Minggu (6/7).

Sosialisasi menyasar para petani, kelompok tani, gapoktan, KTNA, serta pedagang kios pupuk se-Kabupaten Indramayu.

Turut hadir sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ketut Sustiawan, Ketua DPC PDIP Kabupaten Indramayu, H Sirojudin SH, mantan anggota DPR RI, Dr Yoseph Umar Hadi MSi MA dan mantan Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi.

Dalam kesempatan itu, Ono menyampaikan pentingnya mengaplikasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh warga negara Indonesia. Termasuk para petani.

BACA JUGA: 10 Perusahaan Otobus (PO) Jalin Kerjasama dengan BIJB untuk Melayani Rute Bandung-Tasikmalaya

BACA JUGA:Panji Gumilang Tersangka, Massa FIM Turun ke Jalan Lagi Gelar Tumpengan

Sebab, Pancasila sudah disepakati sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

“Pancasila harus bisa dijadikan sebagai ideologi yang membumi. Yang bisa bergerak dan bisa diaplikasikan dalam keidupan sehari-sehari, ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Termasuk dikalangan petani,” terang Ono yang juga ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat ini.

Menurutnya, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika menjadi kunci pedoman dalam membangun karakter bangsa.

“Pancasila itu sendiri mempunyai inti gotong royong. Bahwa gotong royong harus terus dilestarikan para petani untuk mengoptimalkan potensi sumder daya pertanian di Kabupaten Indramayu. Sehingga status sebagai lumbung pangan nasional dapat dipertahankan dan bisa terus ditingkatkan,” jelasnya.

BACA JUGA:VP HSSE Gelar Management Walkthrough ke Kilang Balongan, Pastikan Maintenance Berjalan Sesuai Standar Safety

BACA JUGA:Jadwal BRI Liga 1 2023/2024 Pekan ke-7, Persib Bandung Tandang ke Solo

Sementara itu, mantan Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi mengapresiasi sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang diadakan Ono Surono.

Apalagi, dalam kegiatan ini juga menjadi wadah dialog bagi Ono Surono dalam menyerap aspirasi, menampung saran dan pendapat dari masyarakat petani terhadap pelaksanaan 4 pilar kebangsaan maupun persoalan lainnya.

Supendi menyatakan sangat mendukung kerja-kerja nyata para wakil rakyat dari PDI Perjuangan dalam melindungi dan meningkatkan kesejahteraan para petani di Bumi Wiralodra.

Pihaknya mengakui, selama ini Ono Surono serta legislator dari PDI Perjuangan lainnya telah banyak membantu dalam akselerasi pembangunan khususnya infrastruktur pertanian di Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Antisipasi Tindak Kriminalitas, Polsek Lohbener Gelar Patroli di Malam Minggu

BACA JUGA:Bangkitkan Semangat Kebangsaan, Bupati Indramayu Bagikan Bendera Merah Putih

“Namun harus pula diakui, pembangunan infrastruktur pertanian khususnya diwilayah Inbar ini dirasa belum optimal. Termasuk persoalan pupuk dan sebagainya yang masih menyusahkan petani kita. Karena itu, kedepan menjadi tanggungjawab pemerintah maupun anggota dewan untuk melakukan percepatan-percepatan dan menjawab persoalan yang dihadapi petani. Supaya mereka lebih sejahtera,” tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: