Tanggul Kali Cimanuk Longsor dan Jebol, Dewa Minta BBWS Segera Lakukan Penanganan

Tanggul Kali Cimanuk Longsor dan Jebol, Dewa Minta BBWS Segera Lakukan Penanganan

Tanggul Kali Cimanuk yang ambruk di Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu-UTOYO PRIE ACHDI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB, H Dedi Wahidi didampingi Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Dwi Agus Kuncoro, meninjau sejumlah tanggul yang longsor dan jebol di sepanjang Kali Cimanuk Indramayu, Selasa 25 Juli 2023.

Turut mendampingi Plt Sekda Indramayu, Aep Surahman, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu, Asep Abdul Mukti, camat dan kuwu setempat.

“Saya datang ke sini memenuhi permintaan masyarakat, yang mengeluh terkait kondisi di sekitar Kali Cimanuk, dan berharap segera ditangani,” kata Dewa, sapaan Dedi Wahidi.

Sejumlah lokasi yang kondisinya kritis diantaranya di Desa Cibeber Kecamatan Sukagumiwang. Di lokasi ini air Cimanuk telah menggerus area makam desa setempat, dan kalau tidak ditangani akan semakin meluas.

BACA JUGA:Longsor Tanggul Cimanuk Parah,BBWS Cimancis Bakal Lakukan Perbaikan Darurat tapi Kuat

BACA JUGA:DPT Pemilu 2024, Kecamatan Indramayu Terbanyak, Pasekan Paling Sedikit

Sementara di Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang, tanggul yang sudah ada justru jebol dan ambruk. Bahkan gerusan air juga sudah sampai ke rumah warga.

Kuwu Desa Tersana, Thamrin mengungkapkan, gerusan air dari Kali Cimanuk memang membuat tanggul longsor. Bahkan tanggul yang sudah dibangun juga jebol dan ambruk. Ia pun berharap segera diperbaiki sebelum musim hujan tiba. Pasalnya ketika musim hujan tiba dan Kali Cimanuk meluap kondisinya akan lebih parah.   

H Dedi Wahidi mengungkapkan, salah satu penyebab ambruknya tanggul di Desa Tersana tersebut akibat ada warga yang membobol tanggul. Akibatnya dinding tanggul yang terus tergerus air lama-lama ambruk.

“Harusnya warga jangan menjebol tanggul, tapi melaporkan agar bisa dicarikan solusi yang tepat untuk mengalirkan air,” ujar Dewa.

BACA JUGA:Tenggelam di Sungai Cipelang, Wanita Muda Ditemukan Meninggal Dunia 12 Jam Kemudian

BACA JUGA:Tambah Pengetahuan dan Wawasan, Mahasiswa Teknik Kimia UMS Kunjungi PT KPI Unit VI Balongan

Kondisi tangggul Kali Cimanuk yang kritis dan longsor juga terjadi di sejumlah desa lain seperti Desa Kliwed Kecamatan Kertasmaya, Desa Pagedangan, Gadel dan Bodas Kecamatan Tukdana, serta Desa Jatibarang Kecamatan Jatibarang.

Menanggapi kondisi tanggul Kali Cimanuk tersebut, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Dwi Agus Kuncoro mengungkapkan bahwa ada sejumlah kendala yang dihadapi. Diantaranya ada tempat yang susah dijangkau alat berat, dan ada juga lahan warga yang harus dibebaskan.

Meski demikian, Agus  mengatakan bahwa untuk penanganan Sungai Cimanuk bisa segera dilakukan, karena ada program Loan dari ADB (Asian Development Bank). Dikatakan Agus, penanganan tanggul di Kali Cimanuk ini akan dilakukan dengan penguatan kakinya (pondasinya) terlebih dahulu.   

Plt Sekda Indramayu, Aep Surahman, yang ikut melihat langsung kondisi tanggul Kali Cimanuk, menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota DPR RI H Dedi Wahidi dan pihak BBSWS Cimanuk Cisanggarung, yang sudah memberikan perhatian lebih terhadap Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Kering, Waduk Cipancuh Manjakan Penggembala Kambing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: