Jelang HUT ke-78 RI, Calon Paskibraka Masif Latihan

Jelang HUT ke-78 RI, Calon Paskibraka Masif Latihan

MASIF: Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indramayu sedang berlatih persiapan untuk upacara HUT ke-78 RI, kemarin.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Indramayu semakin masif berlatih.

Sebanyak 30 calon Paskibraka Kabupaten Indramayu yang telah lolos seleksi ini mengikuti latihan yang digelar Bakesbangpol Kabupaten Indramayu dengan melibatkan unsure TNI, Polri dan senior Paskibra.

Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Bakesbangpol Kabupaten Indramayu Soimalia mengatakan, latihan yang semakin masif dilakukan jelang peringatan HUT ke-78 sebagai langkah untuk memberikan pemahaman dan penghayatan tugas yang diemban sebagai Paskibrakan.

“Latihan dilakukan di beberapa lokasi seperti di lapangan Sport Center Indramayu, halaman pendopo dan Bakesbangpol Indramayu,” tuturnya, Senin (17/7).

BACA JUGA:Empat Dosen STKIP Padhaku Raih Juara Penulis Sejarah dan Bimtek Tingkat Jabar

BACA JUGA:Djajang Nurjaman Bakal Gantikan Luis Milla? Berikut Sejumlah Kandidat Pelatih Persib Bandung

Lebih lanjut, dikatakan Soimalia, untuk rangkaian latihan calon Paskibraka Kabupaten Indramayu meliputi pendidikan latihan dasar (diklatsar) dan pemusatan pendidikan latihan dasar (Pusdiklatsar).

Hal itu, katanya, bertujuan untuk melatih dan mendidik para calon Paskibraka sehingga dapat memiliki jiwa nasionalisme, mental yang kuat, sikap kepemimpinan dalam diri anggota, serta membangun jiwa solidaritas dan jiwa korsa.

Soimalia menyebutkan, para calon Paskibraka tersebut akan resmi dinyatakan sebagai Paskibraka setelah berhasil bertugas menaikan bendera pusaka pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Sekarang masih calon, nanti setelah tugasnya selesai mereka jadi Paskibraka Kabupaten Indramayu, mareka akan mendapatkan sertifikat dari bupati serta bagi yang lulus mengikuti pelatihan ideologi Pancasila akan mendapatkan sertifikat Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI),”  jelasnya.

BACA JUGA:Digitalisasi Pajak Jabar Berhasil Tingkatkan Pendapatan Daerah

BACA JUGA:19.588 Lansia Terdaftar Data Pemilih Pemilu 2024

Sementara itu, Plt Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Indramayu, Suwenda menyampaikan, pelatihan paskibra tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA serta Pj Sekda Kabupaten Indramayu Ir Aep Surahman selama menjalani proses latihan.

“Mareka harus berlatih sungguh-sungguh, supaya nanti bisa lancar dan sukses saat pelaksanan upacara HUT ke-78 RI nanti. Jangan lupa jaga kesehatan tubuh selama menjalani latihan dan saat pelaksanaan upacara,” ujarnya (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: