Dinkes Indramayu Gencar Sosialisasi Guna Mencegah Penyakit Meningitis lewat Promkes

Dinkes Indramayu Gencar Sosialisasi Guna Mencegah Penyakit Meningitis lewat Promkes

BERI KETERANGAN: Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon dr H Wawan Ridwan MM memberikan keterangan terkait kewaspadaan terhadap penyakit meningitis, kemarin. -Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Guna mencegah penyakit meningitis, Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu gencarkan promosi kesehatan (promkes) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Indramayu dr H Wawan Ridwan MM pada Radar Indramayu, Selasa (14/3).

Disampaikan dr Wawan, di Kabupaten Indramayu belum ada kasus penyakit meningitis, dan belum mengkhawatirkan, sehingga hanya melakukan upaya pencegahan melalui promosi kesehatan.

“Intinya kita mencegah saja melalui promosi kesehatan, untuk anak-anak dilakukan vaksinasi dasar imunisasi 0-9 bulan, dan itu sudah berjalan kita juga tingkatkan promkesnya melalui PHBS,” ujar Wawan.

BACA JUGA:Waspada! Peredaran Narkoba Terus Menyasar ke Desa-desa. Dari Obat Keras, Sabu Hingga Ganja

BACA JUGA:Mau Perpanjang SIM? SIM Keliling Hari Ini Ada di Polsek Jatibarang

Kemudian, Dinkes Kabupaten Indramayu juga mengaktifkan surveyled. Hal itu dilakukan, kata Wawan, untuk melacak anak-anak atau populasi yang rentan terhadap penyakit meningitis.

“Di Indramayu belum ada kasus terkait penyakit meningitis, tapi kita tetap waspada, untuk anak-anak kita ada vaksinasi dasar sesuai umur dan itu sudah berjalan,” terangnya.

Untuk itu, Wawan mengimbau kepada masyarakat agar selalu menerap PHBS agat bisa terhindar dari berbagai penyakit, terutama penyakit meningitis yang disebabkan oleh virus atau bakteri, yang imbasnya bisa sangat berbahaya sekali.

“Ada dari virus dan bakteri yang kita khawatirkan dari virus itu yang kita waspadai tingkat kematian tinggi dan kalaupun sembuh meninggalkan gejala sisa ada mungkin cacat,” tukasnya. (oni)

BACA JUGA:Bupati Nina Serahkan Laporan Keuangan Pemkab Indramayu Kepada BPK RI Perwakilan Jabar

BACA JUGA:Polres Indramayu Ringkus 11 Tersangka Pengedar Narkoba, Barang Bukti Puluhan Gram Sabu dan Ganja

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: