Pemdes Cangkingan Gunakan Mobil Maskara Untuk Edukasi dan Literasi Digital

Pemdes Cangkingan Gunakan Mobil Maskara Untuk Edukasi dan Literasi Digital

Pemdes Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu memanfaatkan Mobil Maskara untuk edukasi dan literasi digital-utoyo prie achdi-

KEDOKANBUNDER, RADARINDRAMAYU.ID - Pemerintah Desa Cangkingan Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu terus melakukan berbagai inovasi dalam membangun desa.

Kali ini, Pemdes Cangkingan  memaksimalkan penggunaan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara),  untuk edukasi dan literasi digital bagi anak-anak di desa tersebut

Mobil Maskara merupakan mobil serbaguna yang diberikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui DPMD Provinsi Jawa Barat, kepada desa-desa yang berprestasi untuk dipergunakan berbagai keperluan terutama kebutuhan publik.

Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder sebagai desa terbaik di Kabupaten Indramayu dan Provinsi Jawa Barat mendapatkan mobil Maskara tersebut pada tahun 2022 lalu.

BACA JUGA:Banyak Memberi Bukti dan Bukan Sekadar Janji, Warga Desa Tanjungsari Apresiasi Kinerja H Dedi Wahidi

BACA JUGA:Tim Dokmaru Patrol Selamatkan Wanita Depresi

Kuwu Desa Cangkingan, Didi Wahyudi menjelaskan, mobil Maskara yang diberikan kepada Pemdes Cangkingan tersebut sangat bermanfaat dan telah digunakan untuk berbagai keperluan baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Menurut Didi, mobil Maskara sangat berdampak positif bagi jalannya pemerintahan, layanan publik, maupun dalam pemberdayaan masyarakat.

Mobil Maskara di desanya telah digunakan antara lain sebagai bahan edukasi dan literasi digital bagi para pelajar. Mobil tersebut telah dilengkapi dengan jaringan wifi dan juga perpustakaan keliling.

"Kebetulan di depan dan belakang kantor desa ini ada SD dan Madrasah, jadi mobil ini kami gunakan untuk kebetuhan anak-anak untuk akses internet dan baca buku. Responnya sangat luar biasa, begitu mobil datang langsung diserbu pelajar," kata Didi, Rabu, 8 Maret 2023.

Selain itu, mobil Maskara juga digunakan untuk sosialisasi dan publikasi program pemerintah kepada masyarakat dengan cara wawar keliling Desa Cangkingan.

Setiap Jum'at dan Sabtu mobil juga digunakan untuk senam pagi para ibu-ibu di halaman kantor desa.

"Bahkan mobil Maskara ini telah kami gunakan juga untuk panggung terbuka berupa live music dan pemutaran bioskop," tambahnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih  kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, DPMD Jawa Barat, Bupati Indramayu Nina Agustina dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi dan kemajuan bagi Desa Cangkingan dengan mendapatkan mobil Maskara tersebut.

Camat Kedokan Bunder, Atang Suwandi sangat mengapresiasi Pemdes Cangkingan dengan memaksimalkan penggunaan mobil Maskara untuk berbagai keperluan pemerintah desa dan masyarakatnya.(oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: