Sejumlah Ruas Jalan di Indramayu Kota Banjir. Waspada Potensi Hujan Ekstrim Sepekan Kedepan

Sejumlah Ruas Jalan di Indramayu Kota Banjir. Waspada Potensi Hujan Ekstrim Sepekan Kedepan

Jalan Gatot Subroto Indramayu tergenang, Senin, 27 Februari 2023-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,membuat sejumlah ruas jalan tergenang hingga banjir.

Seperti yang terpantau Senin, 27 Februari 2023, sejumlah ruas jalan tergenang banjir. Mulai dari jalan utama hingga ke sejumlah perumahan.

Seperti terlihat di Jalan Olahraga kawasan Sport Center Indramayu. Jalan ini memang merupakan langganan banjir, dan setiap hujan deras dipastikan tergenang banjir.

“Kalau jalan di Sport Center memang sudah langganan banjir. Penyebabnya kemungkinan akibat drainase yang buruk, karena sekarang kan sudah banyak bangunan di sekitar sini,” kata Jenal, salah seorang warga.

 BACA JUGA:Jadwal SIM Keliling Setiap Senin Ada di Pasar Patrol

BACA JUGA:Ditahan Imbang Madura United, Persija Gagal Salip Persib Bandung

Banjir juga terlihat menggenangi Jalan Gatot Subroto Indramayu. Ini merupakan akses jalan utama daru Bunderan Kijang Indramayu menuju arah Jakarta. Banjir terihat menggenangi di depan SMKN 1 Indramayu.

Sementara itu BMKG meminta kepada masyarakat untuk senantiasa hati-hati dan waspada. Pasalnya, potensi hujan sangat lebat hingga ekstrim yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi hingga sepekan kedepan di Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Kuningan

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kertajati, Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyn, menjelaskan, berdasarkan informasi dari BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat, dalam sepekan kedepan, diprakirakan beberapa fenomena masih berpengaruh terhadap pembentukan awa

“Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah Jawa Barat, termasuk Ciayumajakuning," kata pria yang akrab disapa Faiz itu.

Faiz menjelaskan, aliran massa udara dingin dari Asia (monsun Asia) dominan masuk ke wilayah Indonesia bagian barat. Karenanya, angin di wilayah Jawa Barat masih didominasi oleh angin baratan

 BACA JUGA:Aplikasi Travoy 3-0 dari PT Jasa Marga, Membuat Perjalanan di Jalan Tol Lebih Aman dan Nyaman 

Selain itu, pusat tekanan rendah terpantau di Australia bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di perairan barat daya Lampung - selatan JawaTengah. Adapula kondisi labilitas lokal di sebagian wilayah Jawa Barat masih cukup signifikan.

"Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah Jawa Barat, termasuk Ciayumajakuning," terangnya

Adapun potensi cuaca ekstrim di Wilayah Ciayumajakuning yang terdiri dari Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan itu diprakirakan terjadi sampai Kamis, 2 Maret 2023.

Cuaca ekstrem berpotensi terjadi, Jumat, 3 Maret 2023, di Kabupaten dan Kota Cirebon serta Kabupaten Kuningan. Kemudian, potensi cuaca ekstrem diprakirakan juga akan terjadi di Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, serta Kabupaten dan Kota Cirebon, Sabtu, 4 Maret 2023. Sementara, prakiraan cuaca ekstrem juga diprediksi terjadi di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, pada Minggu, 5 Maret 2023.

"Kepada masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan atau peningkatan kecepatan angin yang bersifat lokal," pungkas Faiz.(oet)

 BACA JUGA:Manfaatkan Limbah Kayu Pohon Saeh Jadi Miniatur Perahu Kuno

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: