Tahukah Anda Jenis Huruf yang Digunakan Pada Rambu Petunjuk di Jalan?

Tahukah Anda Jenis Huruf yang Digunakan Pada Rambu Petunjuk di Jalan?

Rambu petunjuk jalan -utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Ketika kita melintas di jalan, khususnya jalan tol pasti akan melihat rambu petunjuk jurusan, dengan warna dasar hijau atau biru dan warna tulisan putih.

Kita mungkin tidak pernah kepikiran, apa jenis huruf yang digunakan. Bahkan mungkin tidak peduli sama sekali. Padahal pemilihan jenis huruf (font) itu sangat penting, dan ternyata tidak asal-asalan.

Dikutip dari instagram @kemenpupr, ternyata jenis huruf yang digunakan pada rambu petunjuk jalan mengacu pada Permenhub No.13/2014 tentang Rambu Lalu Lintas, yakni jenis huruf Clearwiev atau juga disebut dengan Clearview Highway .

Sebagai keluarga font sans-serif, font ini memiliki karakter yang tegas, solid, dan konsisten. Font ini juga memiliki kesan minimalis, modern,bersahabat, dan fleksibel.

 BACA JUGA:Usai Terungkapnya Kasus Narkoba, Lapas Indramayu Digeladah

BACA JUGA:Kalahkan Borneo FC, Persib Kudeta Persija dari Puncak Klasemen

Clearview Highway awalnya dikembangkan oleh peneliti independen dengan bantuan Texas Transportation Insitute dan Pennsylvania Transportation Institute, di bawah pengawasan Federal  Highway Administration (FHWA).

Janis font ini telah digunakan di sejumlah negara.  Antara lain Amerika Serikat, Kanada, Filipina, Brasil, dan Sri Lanka.

Di Indonesia font ini mulai digunakan para rambu petunjuk jurusan pada tahun 2015, menggantikan font Highway Gothic yang digunakan sebelumnya.

Jadi sudah tahu kan, kalau penulisan huruf pada rambu-rambu petunjuk jurusan ternyata tidak asal-asalan. Bahkan telah melalui penelitian.

 BACA JUGA:Ini 6 Hal Penyebab Sarat Kejepit yang Wajib Diketahui

Hati-hati di jalan buat yang mau bepergian. Jangan lupa perhatikan rambu-rambu petunjuk jalan, agar tidak nyasar.(oet)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: