Jelang Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam, Shin Tae Yong Optimis

Jelang Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam, Shin Tae Yong Optimis

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong bersama salah satu gelandang timnas, Marselino Ferdinan saat konferensi pers, Kamis, 5 Januari 2023 -instagram @pssi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 leg 1, di Stadion Utama Bung Karno(SUGBK), Jum’at, 6 Januari 2023 sore ini.

 

Pertandingan ini sangat penting dan harus dimenangkan Timnas Indonesia, untuk menjaga peluang lolos ke final. Pasalnya, semifinal leg 2 akan digelar di Hanoi, Vietnam, 9 Januari 2023.

 

Vietnam memang tim yang kuat, dan Timnas Indonesia kerap kesulitan ketika menghadapi Vietnam. Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong, mengaku optimis untuk bisa meredam Vietnam.  

 

Shin Tae Yong bahkan mengingatkan Vietnam, bahwa kualitas skuad Tim Garuda saat ini lebih baik dari sebelumnya.

BACA JUGA:Tahun 2022, Kejari Indramayu Paparkan 4 Kasus Korupsi Terjadi di Indramayu

BACA JUGA:Dampak Terendam Banjir Rob 450 Hektare Sawah Pesisir Pantura Gagal Tanam

"Sebelumnya kami memang pernah kalah melawan Vietnam. Akan tetapi, waktu itu persiapan sangat pendek. Sekarang, sudah cukup waktu mempersiapkan tim yang lebih baik," ujar Shin di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis, 5 Januari 2023, sebagaimana dilansir fin.co.id.

 

 

Shin Tae Yong memang belum pernah menang atas Vietnam sejak menangani Indonesia,baik di level senior maupun U-23.

 

Satu-satunya kemenangan Shin Tae Yong terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Indonesia menang 3-2.

 

 

Namun saat itu timnas U-20 Vietnam tidak ditangani Park Hang-seo, pelatih timnas senior yang sempat menjadi juru taktik U-23, tetapi Dinh The Nam.

 BACA JUGA:KPU Tetap Akan Gunakan Sistem Proporsional Terbuka pada Pemilu 2024

Dalam prosesnya, Shin tidak pernah menang atas Park Hang-seo dalam setiap pertemuan Indonesia dan Vietnam. Terakhir kali mereka bersua, di fase grup SEA Games 2021, Indonesia besutan Shin kalah 0-3.

 

"Waktu itu masih ada pandemi COVID-19, sekarang, kan, tidak lagi. Indonesia sudah menggulirkan kompetisi, jadi saya bisa memilih pemain. Masa lalu adalah masa lalu," tutur Shin.

 

Meski demikian, pria asal Korea Selatan itu tetap menganggap Vietnam tim yang bagus dan sulit dikalahkan. Organisasi dan pertahanan skuad asuhan Park Hang-seo dinilainya sangat baik.

 

Pandangan serupa juga diutarakan gelandang timnas Indonesia Marselino Ferdinan. Pemain asal Persebaya ini pun tidak ingin perhatiannya cuma fokus pada kekuatan lawan.

 BACA JUGA:Latto-Latto, Permainan yang Tengah Viral di Masyarakat, Begini Cara Bermainnya

"Kami lebih fokus ke tim sendiri, bekerja keras untuk mengambil tiga poin di laga awal semifinal ini," kata pesepak bola yang baru berusia 18 tahun itu.

 

Timnas Indonesia loloske semifinal Piala AFF 2022 setelah menjadi runner-up Grup A dibawah Thailand yang menjadi juara grup. Sedangkan Vietnam merupakan juara Grup B.

 

Di partai semifinal lainnya, Thailand akan menghadapi Malaysia yang merupakan runner-up Grup B.                                                            

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: