Dinsos Gelar Bimtek, Tingkatkan Kesejahteraan lewat Kube

Dinsos Gelar Bimtek, Tingkatkan Kesejahteraan lewat Kube

BIMTEK: Anggota yang tergabung dalam empat Kube mengikuti kegiatan bimtek pemberdayaan masyarakat yang digelar Dinsos Kabupaten Indramayu, belum lama ini.--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Dinas Sosial Kabupaten Indramayu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemberdayaan masyarakat bagi kelompok usaha bersama (Kube), belum lama ini.

Kegiatan bertempat di Aula Dinas Sosial (Dinsos), kegiatan bimtek ini diikuti sebanyak 43 peserta terdiri dari 4 kelompok, dan 4 peserta dari unsur Tenaga Pendamping Kesejahteraan Sosial (TKSK).

Kadinsos Kabupaten Indramayu Hj Sri Wulaningsih SE Ak mengatakan, bimtek kelompok usaha bersama adalah suatu program perlindungan jaminan sosial bagi mereka, dan program pemberdayaan masyarakat yang masuk dalam 99 program prioritas dari Pemkab Indramayu.

“Kepada empat kelompok usaha bersama yang memperoleh program sasaran agar mengoptimalkan pengelolaan bantuan pemberdayaan,” tuturnya.

BACA JUGA:125 Botol Miras dan 4 Jerijen Hasil Razia Dimusnahkan

Disampaikan Sri, adapun tujuan dari bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas Kube sebagai salah satu media pemberdayaan masyarakat miskin untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebutuhan keluarga.

Sehingga, lanjut Sri, setiap anggota keluarga mampu memberikan dampak positif pada pendapatan dan kemampuan berusaha, sehingga bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri serta meningkatkan kesetiakawanan sosial.

“Kepada anggota Kube harus punya komitmen dalam mengembangkan usahanya dan memiliki  tekad yang kuat juga untuk sepakat maju bersama dalam jalankan usaha,” katanya.

Diungkapkan Sri, dalam meningkatkan kapasitas Kube, mereka diberikan pembekalan yang memadai dari berbagai narasumber diantaranya dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Kemensos RI dan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagin) Kabupaten Indramayu.
“Setelah mengikuti pelatihan ini, saat menjalankan usaha nantinya diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan untuk kemajuan kelompok, dengan mengedepankan azas musyawarah kelompok,” harapnya.

BACA JUGA:Jelang Nataru, Gelar Operasi Pekat Masih Ada yang Jual Miras di Jl Ahmad Yani dan Kecapi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: