SMK PGRI Jatibarang Miliki Ruang Praktik Otomotif dan Laboratorium Fiber Optik  

SMK PGRI Jatibarang Miliki Ruang Praktik Otomotif dan Laboratorium Fiber Optik   

Peresmian Ruang Praktik Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK PGRI Jatibarang, Kamis, 24 November 2022-Utoyo Prie Achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - SMK PGRI Jatibarang terus meningkatkan fasilitas serta sarana dan prasarana untk meningkatkan kualitas lulusan. 

Sekolah yang dikenal dengan sebutan Maydas 159 ini sekarang memiliki Ruang Praktek Siswa (RPS) kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), dan Laboratorium Fiber Optik untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

 Kedua fasilitas tersebut sudah rampung dibangun, dan diresmikan untuk penggunaannya pada Kamis (24/11). Hadir pada kesempatan ini, Sekretaris YPLP PGRI Indramayu, Haryono Suhendro ST MA MPd.

 Kepala SMK PGRI Jatibarang, Entin Suhartini SSos MA,mengucapkan syukur atas rampungnya pembangunan dua tempat praktek siswa tersebut. Dikatakan, pihaknya dipercaya mendapatkan program SMK Pusat Keunggulan (SMKPK) dari pemerintah pusat senilai Rp1,2 miliar.

 BACA JUGA:Empat Hari Tak Ada Kabar, Putri Elllennasuha Diduga Jadi korban Gempa Cianjur

Dari jumlah  anggaran tersebut,  600 juta untuk pembelian peralatan, 300 juta untuk kegiatan non fisik berupa diklat, dan 300 juta untuk membangun RPS.  

Untuk membangun ruangan workshop, kata Entin, terdapat dana sharing hingga dua kali lipatnya anggaran yang digunakan tersebut. Meski demikian, hal ini sudah menjadi komitmen sekolah yang dipimpinnya untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.  Sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi para siswa siswi 

 Kami juga bekerjasama dengan PT Telkom menyediakan Laboratorium Fiber Optik untuk siswa kompetensi keahlian TKJ. Ini guna menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan tuntutan perkembangan pendidikan . Kami pun mengeluarkan biaya 250 juta dari swadaya sekolah kami,” tutur Entin.

 Entin menambahkan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di SMK PGRI Jatibarang. Juga berusaha menjadi salah satu sekolah swasta yang bisa diperhitungkan di Kabupaten Indramayu dan menjadi sekolah yang diminati masyarakat. Dikatakan, saat ini SMK PGRI Jatibarang memiliki siswa sebanyak 1740 orang. 

 BACA JUGA:Kunker ke Sumatra Selatan, Ibu Iriana dan OASE KIM Menuju PAUD Asuhan Bunda II

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX Jawa Barat, Hj Dewi Nurhulaela MPd, menyampaikan apresiasi kepada SMK PGRI Jatibarang, karena setiap tahunnya terjadi perubahan peningkatan yang sangat cepat. Baik dari jumlah siswa,maupun dalam perkembangan kerjasama dengan industri. “Sekolah ini sekolah swasta yang memiliki komitmen tinggi,” kata Dewi Nurhulaela. 

 Bahkan menurut Dewi, SMK PGRI Jatibarang juga terpilih sebagai SMK Pusat Keunggulan , yang tentunya ada tuntutan yang luar biasa. Namun berkat komitmen yang tinggi kepala sekolah, tenaga pendidik maupun kependidikan mampu membuktikannya walaupun bukan sekolah negeri.

 Saya juga memperhatikan aspek-aspeknya, mulai dari kebersihan, kedisiplinan, hingga keamanan dan kenyamanan. Sampai sekarang banyak masyarakat yang menitipkan anak-anaknya untuk sekolah di sini, selain juga memang pilihan anaknya.

Berarti ini ada nilai lebih yang dijadikan pertimbangan dalam memilih sekolah,” ujar Dewi Nurhulaila. 

 BACA JUGA:Rasakan Kelezatan Masakan dengan Bango Bumbu Bacem : Harga Kaki Lima Rasa Bintang Lima!

Selain itu, tambah Dewi, program SMK Pusat Keunggulan  apabila dijalankan dengan baik maka akan mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Dan SMK PGRI Jatibarang bisa membuktikan dengan dana sharing yang bisa sampai tiga kali lipat. “Jadi harus unggul dan menjadi rujukan sekolah lain,” tuturnya.

 Dengan bertambahnya fasilitas di sekolah ini, mudah-mudahan tahun-tahun berikutnya lebih meningkat lagi, dan gurunya juga tidak kesulitan menerapkan pembelajaran sehingg lulusannya akan memiliki kompetensi yang tinggi,”  tandas Dewi.(oet)

BACA JUGA:Korban Jiwa Gempa Cianjur Bertambah Menjadi 271 Orang

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: