BRI Menanam, Upaya Berkelanjutan BRI Perkuat Penerapan Prinsip ESG

BRI Menanam, Upaya Berkelanjutan BRI Perkuat Penerapan Prinsip ESG

PEDULI LINGKUNGAN: BRI Regional office Bandung, Muh Zulham Salahudin melakukan penanaman pohon produktif di Desa Ujung Gebang.-Komarudin Kurdi-RADAR INDRAMAYU

Radarindramayu.id, INDRAMAYU-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara berkelanjutan berupaya konsisten merealisasikan prinsip ESG atau Environmental (Lingkungan), Social (Sosial) and Governance (Tata Kelola Perusahaan). Kali ini, penguatan aspek lingkungan dan sosial dilakukan BRI melalui program BRI Menanam.

Direktur Utama BRI Sunarso melalui Regional Office Bandung, Muhammad Zulham Salahudin, mengatakan, bahwa BRI Menanam merupakan upaya perseroan dalam melaksanakan salah satu inisiatif ESG yaitu program absorpsi emisi karbon di aspek lingkungan dan pengembangan komunitas di aspek sosial.

“Program BRI Menanam diharapkan menjadi program penggerak ekonomi lokal sebagai wujud kolaborasi antara BRI dengan entitas masyarakat untuk menerapkan aspek-aspek ekonomi, sosial dan lingkungan,” ujarnya, saat menyerahkan bantuan bibit pohon produktif Desa BRIlian di Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, belum lama ini.

Zulham menjelaskan, pada program ini dilakukan penananaman lebih dari 1,75 juta pohon produktif yang dilakukan secara bertahap, sebanyak lebih dari 750 ribu bibit ditanam di tahun 2022 dan sekitar 1 juta bibit lagi ditanam di tahun 2023.

BACA JUGA:Empat Hari Korban Tenggelam di Pantai Mekarsari Belum Ditemukan. Tim SAR Gabungan Terus Bergerak

Untuk tahun 2022, sekitar 376 ribu bibit disalurkan untuk lahan desa, 226 ribu bibit untuk nasabah eksisting dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit, dan 151 ribu bibit untuk nasabah baru dari KUR BRI Unit. “Di BRI Regional Bandung kita memberikan bibit tanaman produktif di 177 Desa BRIlian, di 24 Kabupaten dan Kota di Jawa Barat, salah satunya Desa Ujunggebang ini,” jelasnya.

Disampaikan Zulham, BRI Menanam merupakan wujud nyata dan upaya berkelanjutan BRI dalam merealisasikan prinsip ESG serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tanggal 4 Juli 2017.

“Program BRI Menanam sendiri akan dilaksanakan bertahap hingga tahun depan. Adapun tahun ini, pelaksanaan program dilakukan di berbagai wilayah dan dimulai pada perayaan HUT ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 lalu,” paparnya.

Implementasi BRI Menanam di Desa BRILian (Desa Binaan BRI) dilakukan dengan berkolaborasi serta melibatkan perangkat desa, figur inspiratif lokal, klaster usaha, Agen Umi, termasuk dalam hal monitoring dan keberlanjutan kegiatan BRI Menanam pada fase selanjutnya.

BACA JUGA:Gencar Lakukan Operasi, Polsek Arjawinangun Razia Miras

Sedangkan untuk Kelompok PNM Mekaar akan didampingi dengan mengajarkan tentang grading sayur untuk menambah nilai jual komoditas ke pasar. Selain itu hasil panen akan dijual ke UMKM untuk menambah penghasilan anggota kelompok.

Dalam kesempatan itu, BRI Regional Office Bandung memberikan reward kepada dua Figur Inspirasi Lokal (FIL) yakni Direktur BUMDes Ujung Gebang, Taripan dan Pelaku UMKM sukses sekigus Motivator UMKM asal Desa Kenanga, Kecamatan Sindang, Darwinah. Selain FIL, juga nasabah BRI berprestasi.

BACA JUGA:Hasil BRI Liga 1: Persib Bandung Menangis, Persebaya Menang Dramatis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: