Jelang HUT Kemerdekaan RI, Forkopimcam Anjatan Rehab Makam Pahlawan

Jelang HUT Kemerdekaan RI, Forkopimcam Anjatan Rehab Makam Pahlawan

REHAB MAKAM PAHLAWAN: Forkopimcam Anjatan memulai rencana rehabilitasi makam pahlawan di Desa Anjatan Utara Kecamatan Anjatan, kemarin.--

Radarindramayu.id, ANJATAN - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Sebuah ungkapan klasik yang kerap mencuat pada setiap momen Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN).

Tak terkecuali menjelang HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 ini. Oleh Forkopimcam Anjatan dan stakeholder lainnya diimplementasikan dengan melakukan kerja bakti rehabilitasi makam pahlawan.

Melihat kondisi makam pahlawan yang berlokasi di Desa Anjatan Utara, Blok Sasak Mijan RT 27 RW 10, Kecamatan Anjatan siapapun pasti akan terenyuh.

Betapa tidak, kerusakan tampak jelas dimana-mana. Mulai dari rusaknya gapura dan pagar yang mengeliling kawasan makam, sampai nisan yang terlepas dari tempatnya.

BACA JUGA:Bupati Nina Raih Penghargaan Bupati Terinspiratif di Jawa Barat

Lebih menyedihkan lagi, tempat pemakaman yang seharusnya menjadi peristirahatan terakhir para pejuang itu justru terendam banjir. Meski di musim kemarau sekalipun. Sebagiannya terlihat hanya ujung batu nisannya saja.

Tidak hanya air, areal kuburan seluas sekitar 1 hektare itu banyak ditumbuhi semak belukar hingga menutupi seluruh komplek.

Padahal terdapat 13 pusara lengkap dengan nama-nama yang tertera pada batu nisan di taman makam pahlawan tersebut.

Sayangnya, tidak ada catatan sejarah, siapa, darimana, kapan, dan bagaimana para pahlawan tak dikenal itu meninggal dunia.

BACA JUGA:Prioritaskan Tenaga Kesehatan, Masih 31 Persen Siapkan Vaksinasi Booster Kedua

Kondisi miris itulah yang membuat jajaran Forkompimcam Anjatan tergerak. Momentum HUT ke-77 RI ini, lantas melaksanakan rehabilitasi makam pahlawan.

Diawali dengan doa bersama dan peletakan pertama dimulainya rehabilitasi yang dilangsungkan Kamis (4/8) kemarin. Acara dihadiri Kapolsek, Danramil, para Kuwu, kepala UPTD serta tokoh masyarakat setempat.

“Melalui rehabilitasi komplek makam pahlawan ini diharapkan lebih meningkatkan fungsi makam pahlawan nasional bukan hanya sebagai tempat jenazah pahlawan dimakamkan, tetapi juga sebagai sarana edukasi kita semua.

Khususnya bagi anak-anak bangsa saat ini dan kedepan untuk membangkitkan semangat nasionalisme cinta terhadap tanah air dan menghargai jasa para pahlawan,” terang Camat Rory Firmansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: