Dr Aqua Dwipayana Beri Banyak Kejutan Pada Tim Baseball Banten

Dr Aqua Dwipayana Beri Banyak Kejutan Pada Tim Baseball Banten

Aspek pertama adalah sikap menghargai orang lain tanpa kecuali yang diwakili dengan kata “Respect”. Dr Aqua menegaskan di mana pun kita berada, jangan pernah menganggap remeh siapa pun. Hormati dan hargai semua orang.

“Salah satu contohnya saya paling respect sama sopir yang  mengemudikan mobil saya. Biasanya dipanggil Mas Adi. Kenapa, karena ketika saya di mobil, seperti tadi dari Bogor ke tempat ini dan nanti selesai acara balik lagi ke Bogor, maka keselamatan dan \"nyawa\" saya selama dalam perjalanan ada di \"tangan\" sopir,\" terangnya.

Kedua adalah sikap empati (empathy). Salah satu contohnya saat latihan dan bertanding, pelatih agar selalu memperhatikan aktivitas para pemainnya. Jika mereka kelelahan setelah tugas di lapangan, tunjukkan sikap memperhatikan mereka. Pelatih harus dapat merasakan yang dirasakan seluruh pemainnya.

\"Beri kesempatan mereka istirahat. Dipersilakan untuk minum dalam suasana rileks. Ajak ngobrol santai dengan topik yang ringan-ringan. Setelah suasananya nyaman baru membicarakan hal-hal seriud saat berlatih atau bertanding,\" tutur Dr Aqua.

Ketiga adalah “audible” atau dapat dipahami dan dimengerti. Semua yang disampaikan kepada orang lain pesannya dapat mereka terima. Contohnya instruksi dari pelatih ke para pemain.

\"Pesan yang kita sampaikan diupayakan secara maksimal dapat dipahami oleh penerima pesan. Ini sangat penting agar mereka tidak salah memahaminya sehingga umpan baliknya sesuai dengan yang diharapkan,\" ungkap penulis buku \"super best seller\" Trilogi The Power of Silaturahim ini.

Aspek selanjutnya adalah “clarity” atau terpahami. Apapun pesan komunikasi yang disampaikan harus dapat dipahami oleh pihak lain, dengan penyampaian yang sederhana dan apa adanya. Gunakan kalimat terbuka.

\"Semua pesan yang disampaikan harus jelas agar tidak terjadi multi interpretasi atau penafsiran yang berbeda dari penerima pesan. Jika itu terjadi dampaknya bisa fatal termasuk pada tim Baseball\" papar Dr Aqua.

Terakhir adalah \"humble\" atau rendah hati. Jangan pernah tinggi hati dan sombong karena itulah awal dari keterpurukan kita sebagai manusia.

\"Contohnya adalah jabatan seseorang. Itu ibarat kapas di ujung telunjuk. Begitu ditiup bisa langsung hilang. Sebagai manusia tidak ada yang perlu kita sombongkan. Semuanya milik Tuhan. Kita hanya dititipkan saja. Setiap saat yang kita miliki bisa diambil pemiliknya dan kita diminta pertanggungjawabannya,\" tegas Dr Aqua yang rendah hati.

Terkait dengan rendah hati di tim Baseball, jelas penulis banyak buku itu, salah satunya harus ditunjukkan oleh para pemain senior kepada semua pemain junior. Rangkullah mereka seperti adik sendiri, sehingga selama bersama-sama di lapangan termasuk saat bertanding seluruhnya merasa nyaman.

\"REACH\" menurut laki-laki yang hobi membaca dan menolong banyak orang itu  tidak ada artinya jika tidak dilengkapi dengan huruf ‘A’ dan ‘C’ yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya. Jadi yang paling penting adalah implementasinya pelaksanaannya terus-menerus.

Beri Banyak Rezeki
Manajer Tim Baseball Banten Watty Marciano saat berbicara di awal dan di akhir acara menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua atas berkenannya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan Tim Baseball Banten yang dipimpinnya. Hal itu sangat bermanfaat untuk memberikan semangat kepada Tim Baseball Banten yang mau bertanding pada PON XX di Papua.

\"Pak Aqua ini jadwalnya padat sekali. Namun beliau berkenan hadir memenuhi undangan kita. Bahkan beliau memberikan banyak rezeki kepada kita. Semoga kita dapat memenuhi doa dan harapan Pak Aqua untuk dapat meraih medali emas pada PON XX di Papua,\" ujar Watty.

Sementara Ketua Umum Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Provinsi Banten
Zainal Muttaqien yang akrab dipanggil Boyke juga menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua. Menurutnya motivasinya yang diberikan sangat bermanfaat kepada seluruh pengurus dan Tim Baseball Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: