Lebih 70% Keluarga di Kabupaten Kuningan Keluar dari Garis Kemiskinan

Lebih 70% Keluarga di Kabupaten Kuningan Keluar dari Garis Kemiskinan

Pasar Murah dan Festival UMKM BUMN di Kabupaten Kuningan. FOTO:IST--

Radarindramayu, KUNINGAN-Menteri BUMN, Erick Thohir nyatakan kesiapannya untuk membantu Kabupaten Kuningan turunkan angka kemiskinan lewat program Mekaar yang menawarkan pinjaman usaha tanpa anggunan kepada Ibu-Ibu pengusaha mikro.

Jumlah nasabah Mekaar di Kabupaten Kuningan sendiri hingga saat ini tercatat sebanyak 52.613 orang. Sedangkan jumlah keluarga pra sejahtera sendiri berjumlah sebanyak 80.838 orang.

Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga dalam kegiatan Pasar Murah dan Festival UMKM BUMN yang dihadiri oleh lebih dari 4.000 masyarakat Kabupaten Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Bupati Kabupaten Kuningan, Acep Purnama dan Wakil Bupati Kuningan, HM Ridho Suganda. Kegiatan Pasar Murah dan Festival UMKM BUMN yang diadakan di Kabupaten Kuningan ini merupakan titik kedelapan yang dijalankan oleh Erick Thohir.

BACA JUGA:Tim Kemensos Beri Bantuan TKI Bermasalah

Kegiatan ini terselenggara bekerjasama dengan 8 Perusahaan BUMN yang memiliki wilayah kerja di Kabupaten Kuningan. Jasa Marga sebagai BUMN koordinator berkolaborasi bersama Dahana, Angkasa Pura II, Biofarma, RNI, BSI, PTPN VIII, SIG, Asabri, dan Pindad.

“Dengan jumlah nasabah Mekaar yang sudah lebih dari 52 ribu tersebut artinya Pak Erick Thohir sudah berhasil membantu lebih dari 70% keluarga Kabupaten Kuningan keluar dari kemiskinan,"kata Arya.

Selain pasar murah, Arya Sinulingga juga mengadakan dialog bersama 50 UMKM asal Kabupaten Kuningan yang merupakan UMKM binaan Perusahaan BUMN.

BACA JUGA:Desak Normalisasi Drainase, Diguyur Hujan Jalan Raya Terisi Tergenang

Salah satu pelaku UMKM pengolahan kopi, Dermawan mengatakan saat ini ia membutuhkan lokasi pemasaran yang representatif untuk memasarkan produknya.

“Saya berharap ke Jasa Marga agar kami bisa membuka usaha di titik-titik rest area yang dimiliki Jasa Marga,”ungkap Dermawan.

Usulan tersebut langsung disambut baik oleh Arya. “Kami siap bantu, kawan-kawan Jasa Marga akan membuka lokasi Rumah BUMN di titik-titik Jasa Marga yang tersebar di beberapa lokasi” jelas Arya.

Sebagai penutup Bupati Kuningan, Acep Purnama menyatakan apresiasinya kepada Erick Thohir dan Perusahaan BUMN yang memiliki kepedulian yang tinggi dalam meningkatkan kualitas hidup warga Kabupaten Kuningan, baik dari Ibu-Ibu maupun UMKM. (rdh/rls)

BACA JUGA:Masalah Jalan Rusak Paling Dikeluhkan, Fraksi-Fraksi di DPRD Laporkan Hasil Reses

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: