Mengatasi Anak Sakit Saat Mudik, Begini Caranya...

Mengatasi Anak Sakit Saat Mudik, Begini Caranya...

--

Radarindramayu - Mudik bersama keluarga dan anak-anak tentunya sangat menyebangkan, baik dengan kendaraan pribadi.

seperti mobil dan motor, maupun kendaraan umum, seperti bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat.

Apa pun jenis moda transportasi yang digunakan saat mudik, pastikan Anda telah mempersiapkan berbagai hal, apalagi jika perjalanan yang Anda lalui cukup jauh dan membutuhkan waktu lama.

BACA JUGA:Harga Emas di Pegadaian Anjlok, UBS Rp 988.000 per Gram

Persiapan ini penting dilakukan untuk menghadapi berbagai kondisi yang mungkin saja terjadi sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah gangguan kesehatan yang bisa Anda maupun Si Kecil alami.

Berbagai Penyebab Anak Sakit Saat Mudik dan Penyakitnya

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih rentan sakit ketika berkendara jarak jauh, seperti saat mudik. Penyebab anak sakit saat mudik pun beragam dan keluhan yang dialami bisa berbeda-beda, misalnya batuk, pilek, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin bersin.

BACA JUGA:Apabila Rest Area 207 A Palikanci Ditutup Sementara, Pemudik Bisa ke Rest Area 228

Berikut adalah berbagai penyebab anak sakit selama mudik yang umum terjadi:
1. Selesma dan Flu

Selesma (batuk pilek) dan flu merupakan penyakit akibat infeksi virus yang kerap dialami anak ketika mudik. Risiko terpapar virus umumnya meningkat ketika menempuh perjalanan yang jauh dan lama dengan moda transportasi tertentu, misalnya pesawat.

2. Konsumsi makanan tidak sehat atau kurang bersih

Makanan siap saji dan camilan tinggi garam biasanya paling sering dikonsumsi saat mudik karena dinilai praktis dan mengenyangkan. Padahal, kedua jenis makanan tersebut rendah nutrisi dan bisa memicu konstipasi.

3. Perubahan tekanan udara

Saat mudik menggunakan pesawat, anak sering mengalami nyeri di telinganya. Kondisi ini dapat terjadi karena perubahan tekanan udara di sekitar, sehinga telinga menerima tekanan yang lebih besar.

BACA JUGA:Arus Mudik, Rest Area 207 A akan Ditutup Antrean Mengular sampai 2 Km di Tol Palikanci

4. Terlalu lama berkendara

Terlalu lama berkendara karena harus menempuh jarak yang jauh sering menyebabkan anak mengalami mabuk perjalanan. Dikutip dari alodokter, Anak yang membaca atau bermain handphone selama perjalanan juga lebih berisiko mengalami mabuk perjalanan.

Tips Mengatasi Anak Sakit Saat Mudik

Cara mengatasi anak sakit saat mudik perlu disesuaikan dengan penyebab penyakitnya. Bila Si Kecil mengalami gejala batuk dan pilek, Anda bisa memberikannya obat yang mengandung dextromethorphan, guaifenesin, pseudoephrine, dan chlorpheniramine untuk membantu meredakannya.(len)

BACA JUGA:Bus Pecah Ban di Tol Cipali, Hari Ini Lalu Lintas Padat Merayap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: