Transportasi Umum Kalah Dengan Motor Di Jawa Barat! Apa Penyebabnya?

Transportasi Umum Kalah Dengan Motor Di Jawa Barat! Apa Penyebabnya?

Transportasi Umum Kalah Dengan Motor Di Jawa Barat! Apa Penyebabnya?-otomotif.kompas.com-Radar Indramayu

BACA JUGA:Berapa Angsuran Dan Tenor Pinjaman KUR BRI 2025 Dengan Plafon Rp100 Juta?

Dominasi sepeda motor juga memperkuat budaya ketergantungan pada kendaraan pribadi. 

Minimnya transportasi publik yang layak dan terjangkau membuat masyarakat, terutama di luar Jakarta dan kota besar lain, tidak punya banyak pilihan selain menggunakan sepeda motor untuk aktivitas harian. 

Upaya pemerintah untuk mengembangkan angkutan umum ramah lingkungan dan program bus “Buy The Service” memang sudah berjalan, namun belum mampu mengurangi ketergantungan masyarakat pada sepeda motor secara signifikan.

Over-Populasi atau Kebutuhan?

BACA JUGA:Tanpa Ribet Pakai DANA Paylater, Bisa Pinjam Saldo DANA Lewat Fitur Khusus Ini, Rp2 Juta Langsung Cair

Apakah Indonesia sudah mengalami over-populasi sepeda motor? 

Jika melihat data, pertumbuhan sepeda motor jauh melampaui kapasitas infrastruktur jalan dan ruang publik yang tersedia. 

Di banyak kota, jumlah sepeda motor bahkan melebihi jumlah penduduk usia produktif. Fenomena ini jelas mengindikasikan bahwa Indonesia telah memasuki fase kritis. 

Yang di mana jumlah sepeda motor bukan lagi sekadar solusi mobilitas, melainkan telah menjadi sumber masalah baru bagi tata kota, lingkungan, dan keselamatan publik.

BACA JUGA:Cair Otomatis Rp300.000 ke DANA! Game Baru 2025 Ini Bikin Cuan Tanpa Undang Teman

Keberadaan 141 juta sepeda motor di Indonesia adalah cerminan kebutuhan mobilitas yang belum terjawab oleh sistem transportasi publik yang memadai. 

Namun, tanpa pengendalian dan inovasi kebijakan transportasi yang berkelanjutan, Indonesia berisiko terjebak dalam pusaran over-populasi sepeda motor yang akan semakin membebani kota, lingkungan, dan kualitas hidup masyarakat di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: