Pastikan Keamanan Penumpang Saat Mudik, PT KAI Daop 3 Cirebon Imbau Warga Jangan Lakukan Pelemparan Batu

Pastikan Keamanan Penumpang Saat Mudik, PT KAI Daop 3 Cirebon Imbau Warga Jangan Lakukan Pelemparan Batu

PERSIAPAN: Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon saat meninjau persiapan layanan arus mudik 2025 di Stasiun Jatibarang, kemarin.-Foto: Anang Syahroni. -radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID — Masih adanya tangan-tangan iseng yang melakukan pelemparan baru saat Kereta Api melintas di wilayah Jatibarang dan sekitarnya, PT KAI Daop 3 Cirebon Himbau warga jangan lakukan pelemparan batu, pasalnya aksi tersebut dapat membahayakan penumpang. 

Hal itu disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Muhibbuddin saat mengecek kesiapan sarana dan prasana di Stasiun KA Jatibarang, kemarin. Menurutnya KAI Daop 3 menjamin keamanan, kenyamanan penumpang selama arus mudik Lebaran yang tenang dan menyenangkan. Masa angkutan Lebaran untuk moda kereta api dimulai pada Jumat 21 Maret 2025 hingga 10 hari setelah Lebaran atau 12 April 2025. 

"Kita menyiagakan petugas posko operasional, keamanan, kesehatan, pelayanan di semua stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon, termasuk KA juga, dan mengerahkan 313 personel keamanan dari unsur internal KAI, dan dari eksternal dari TNI dan Polri yang siap memeberikanmu keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang KA selama arus mudik," ujarnya. 

Dalam memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan, PT KAI Daop 3 Cirebon, menyiagakan Polsuska secara rutin melakukan patroli di sepanjang perlintasan Kereta Api sebagai titik-titik rawan yang dilaporkan sering terjadi pelemparan batu oleh oknum masyarakat di wilayah Jatibarang. 

Di mana personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, lingkungan stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya, seperti Dipo lokomotif dan kereta, serta tetap menjalin komunikasi dengan unsur-unsur keamanan TNI-Polri di sepanjang jalur KA. 

“Selain petugas CSM ada juga petugas Posko bantuan pelayanan dari Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) IRPS Korwil Cirebon, Edan Sepur dan KRD3 sejumlah 40 orang. Mereka akan memberikan informasi perjalanan KA di beberapa stasiun yang ramai penumpang seperti stasiun Cirebon, Cirebonprujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis. Keamanan dan pelayanan harus maksimal, semua petugas cutinya ditangguhkan,” kata Muhib

BACA JUGA:Segera Cair sebelum Idul Fitri! Inilah Besaran THR Ojek Online Grab 2025: Hanya untuk Driver yang Begini...

Sementara itu, untuk pelayanan kesehatan, PT KAI Daop 3 Cirebon menempatkan petugas paramedis dan dokter sebanyak 11 orang serta ambulans posko di beberapa stasiun besar, seperti Cirebon, Cirebon Prujukan, Jatibarang, Arjawinangun dan Brebes yang bersiaga selama 24 jam. Serta berkoordinasi dengan pelayanan kesehatan setempat, seperti rumah sakit dan puskesmas sepanjang jalur KA. Hal tersebut untuk antisipasi apabila ada penumpang yang mengalami kondisi darurat. 

Sedangkan petugas pelayanan kebersihan stasiun , pengisi air kereta serta cuci kereta diterjunkan sebanyak 206 orang. Kemudian untuk antisipasi potensi bahaya akibat bencana yang mungkin dapat mengganggu perjalanan KA, pihak KAI Daop 3 Cirebon menyiagakan petugas penilik jalan ekstra (PPJ Ekstra) sejumlah 36 orang, penjaga jalan lintas (PJL) ekstra 13 orang, dan petugas posko pemantauan daerah khusus 14 orang yang akan bertugas pada 7 titik lokasi. Petugas dan perlengkapan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

Muhib menyebutkan prediksi puncak kedatangan penumpang (Arus Mudik) Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon akan terjadi pada H-3 ( 28 Maret 2025). Sementara prediksi Puncak Keberangkatan Penumpang (Arus Balik) Angkutan Lebaran 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon pada H+5 (6 April 2025). Selama masa Angkutan Lebaran di wilayah Daop 3 Cirebon, akan ada perjalanan 191 KA, dengan rincian KA penumpang reguler sebanyak 137 KA, KA tambahan Lebaran sebanyak 22 KA, dan KA barang sebanyak 32 KA.

"Sekali lagi, kami ingatkan masyarakat jangan melakukan pelemparan batu lagi saat KA melintas, jika ada lagi akan ditindak tegas, untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran 2024, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," ujarnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: