Perkuat Soliditas, FKUB Adakan Rapat Koordinasi

Perkuat Soliditas, FKUB Adakan Rapat Koordinasi

Rapat koordinasi FKUB di Departemen Agama Kabupaten Indramayu, pada Rabu, 9 Oktober 2024. --radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar rapat koordinasi pada Rabu, 9 Oktober 2024, di Kementrian Agama Kabupaten Indramayu. 

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan berbagai agama, serta jajaran pengurus FKUB.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerukunan antarumat beragama, dan membahas strategi dalam menghadapi isu-isu sosial yang dapat memicu ketegangan di masyarakat.

Ketua FKUB, KH. Syaerozi Bilal, menekankan pentingnya dialog antaragama untuk menciptakan suasana damai dan harmonis. Ia juga mengajak semua pihak untuk aktif berperan dalam menjaga kerukunan, dan mendorong toleransi di tengah keberagaman yang ada. 

“Kita perlu saling menghormati dan memahami perbedaan, agar dapat hidup berdampingan dengan harmonis,” ujarnya kepada Radar Indramayu, Rabu, 9 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Pemkab Indramayu dan BPN Jalin Sinergi Padu, Sertifikasi Aset Daerah dan PTSL Semakin Cepat

Selanjutnya, KH. Syaerozi Bilal menegaskan bahwa kerukunan umat beragama adalah fondasi penting kesejahteraan masyarakat

"Kerukunan umat beragama adalah fondasi penting dalam membangun masyarakat yang harmonis dan sejahtera. Dengan saling menghormati perbedaan keyakinan, kita dapat menciptakan lingkungan yang damai, di mana dialog antaragama dapat berlangsung dan nilai-nilai kemanusiaan dapat ditegakkan," tegasnya. 

Kerukunan beragama, kata KH. Syaerozi, bukan hanya tanggung jawab individu, melainkan harus bersama-sama dengan semua elemen. 

"Kerukunan bukan hanya tanggung jawab individu, tetapi juga kolektif, yang memerlukan komitmen dari semua elemen masyarakat, untuk saling mendukung dan bekerja sama demi kebaikan bersama," ucapnya. 

BACA JUGA:Senjata Makan Tuan! China Bakal Lakukan Penerbangan 18 Jam dari Adelaide ke Qingdao

Selama rapat berlangsung, peserta juga berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi, seperti berita hoaks yang dapat memicu konflik. Mereka sepakat untuk memperkuat kerjasama dengan media, guna menyebarkan informasi yang akurat dan menanggulangi disinformasi.

Rapat ini diakhiri dengan komitmen seluruh anggota FKUB untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia, khususnya Kabupaten Indramayu. Dengan semangat kolaborasi, diharapkan kerukunan dan persatuan dapat terus terjaga demi kemajuan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: