PWNU Jawa Barat Tegas Tolak Wacana Muktamar Luar Biasa

PWNU Jawa Barat Tegas Tolak Wacana Muktamar Luar Biasa

Ketua PWNU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhammad, SH (kedua dari kanan), memberikan pernyataan sikap terkait wacana Mukhtamar Luar Biasa (18/9/2024). -Foto: Burhannudin.-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat bersama seluruh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Barat, dengan tegas menyatakan penolakan terhadap wacana pelaksanaan Muktamar Luar Biasa (MLB), yang diinisiasi oleh Presidium MLB. Di kediaman Ketua PWNU Jawa Barat, mereka menyatakan sikap bersama untuk menolak wacana tersebut, Rabu, 18 September 2024. 

Dalam sebuah konferensi pers di kediamannya, Ketua PWNU Jawa Barat, KH. Juhadi Muhamad, SH., menegaskan bahwa seluruh jajaran pengurus di tingkat wilayah dan cabang se-Jawa Barat kompak menolak wacana MLB tersebut. 

"Seluruh PCNU se-Jawa Barat hari ini kumpul bersama untuk memberikan pernyataan sikap terkait dengan MLB (Mukhtamar Luar Biasa), yang digagas oleh Presidium Mukhtamar Luar Biasa. Rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, kami memang menjelaskan secara tegas menolak terhadap kegiatan atau rencana MLB," tegas KH. Juhadi. 

Melalui KH. Juhadi, mereka beralasan bahwa langkah tersebut tidak sesuai dengan mekanisme organisasi dan dapat berpotensi memecah belah warga Nahdlatul Ulama.

BACA JUGA:Positif Lolos Piala Dunia, Justin Hubner Cuma Waspadai 1 Negara di Grup C! 'Kita Pasti Lolos'

"Berdasarkan pasal 22 Anggaran Dasar Nahdlatul Ulama tentang Muktamar Luar Biasa, dan Anggaran Rumah Tangga Pasal 74 ayat 3, Muktamar Luar Biasa dipimpin dan diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, jelas (wacana dari Presidium MLB) memang tidak sesuai dengan AD/ART. Ini, kan, secara struktural, mandataris, baik PCNU maupun PWNU, semuanya tidak ada yang menginginkan MLB," imbuhnya. 

PWNU Jawa Barat juga menekankan jika sampai terlaksananya MLB, PBNU harus segera meminta aparat untuk menindaklanjuti para inisiator MLB. 

"Artinya nanti kalau umpama sampai terjadi (MLB), menurut saya PBNU harus mengambil sikap. PBNU (diharapkan segera) meminta kepada aparat karena itu adalah kegiatan yang di luar AD/ART, maka itu tidak sesuai, dan menurut saya bahwa aparat juga mempunyai kewenangan untuk menghentikan terhadap kegiatan MLB tersebut," kata KH. Juhadi. 


Seluruh pengurus PWNU Jawa Barat dan pengurus PCNU se-Jawa Barat berkumpul di kediaman KH. Juhadi Muhamad, menyatakan penolakannya terhadap wacana Mukhtamar Luar Biasa (18/9/2024). --radarindramayu.id

Ditegaskan sekali lagi, KH. Juhadi menyampaikan bahwa, seluruh PCNU di Jawa Barat tidak ada yang sepakat atas wacana MLB. 

"Satupun tidak ada PCNU yang sepakat untuk MLB. Semuanya menolak, menolaknya juga menolak keras, menolak tegas," ujarnya. 

Dengan penolakan tegas dari PWNU Jawa Barat ini, diharapkan dapat meredam polemik mengenai wacana MLB dan menjaga organisasi tetap kondusif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: