Pemain Seharga Rp695,27 M Beri Kode ke PSSI, Nyatakan Siap Bela Indonesia Jika Lolos Piala Dunia, Benarkah?

Pemain Seharga Rp695,27 M Beri Kode ke PSSI, Nyatakan Siap Bela Indonesia Jika Lolos Piala Dunia, Benarkah?

Ian Maatsen pemain seharga Rp695,27 Miliar punya garis keturunan Indonesia dari neneknya yang merupakan orang Jawa. -Instagram @maatsen_-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Pemain seharga Rp695,27 Miliar beri kode ke PSSI untuk siap nyatakan bela tim nasional sepak bola Indonesia jika benar lolos ke Piala Dunia. Benarkah dan siapa pemainnya?

Rupanya tidak benar, informasi itu palsu alias rumor, pemain dengan harga fantastis itu ternyata belum pernah mengonfirmasi secara langsung terkait dirinya yang siap membela skuad Garuda. 

Namanya adalah Ian Maatsen, walaupun sempat masuk ke radar pemain keturunan untuk di naturalisasi, tapi sayangnya kans pemain eks Borussia Dortmund ini cukup sulit direalisasikan. 

Sekalipun sulit, ternyata ada peluang yang masuk akal, dan bisa dijadikan celah oleh PSSI untuk menggaet Maatsen, terlebih lagi peluang tersebut sudah sesuai dengan aturan FIFA.

BACA JUGA:Pelatih Australia Frustasi Gegara Ditahan Imbang Lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia: 'Sulit Dipercaya'

Merujuk pasal FIFA dalam Pasal Statuta 9 ayat 2a, dari sana menerangkan bahwa pemain boleh mengajukan pindah federasi jika pemain itu belum pernah turun di kompetisi Grade A.

"Diturunkan dalam pertandingan pada kondisi resmi di tingkat manapun (dengan pengecualian tingkat internasional A) dalam jenis sepakbola apapun untuk asosiasinya saat ini" bunyi pasal 9 ayat 2a. 

Dilansir dari berbagai sumber, jika sang pemain ingin pindah federasi, dengan catatan belum punya 3 caps dan tidak pernah turun ke kompetisi A, maka pemain itu bisa melanjutkan alih federasi. 

Perlu diketahui, kompetisi A itu adalah pertandingan besar misalnya seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, Copa America.

BACA JUGA:Tampil Apik, Maarten Paes Bikin Frustasi Pelatih Australia Graham Arnold

Setelah ditelusuri, rupanya Ian Maatsen memang belum pernah sekalipun mencatatkan caps di kompetisi A bersama Timnas Belanda.

Di Timnas Belanda Senior, Maatsen belum mencatatkan penampilan apapun. Bahkan pemain 21 tahun ini juga dicoret saat pemilihan pemain yang akan diturunkan pada Euro 2024.

Namun, Ronald Koeman pelatih Belanda berubah pikiran, dia malah kembali memanggil Maatsen buat Euro 2024, tapi sayangnya dia tidak diberi kesempatan sedikitpun untuk bermain. 

Nah, semua hal yang sudah disebut diatas bisa dirangkum bahwasanya peluang Ian Maatsen untuk dinaturalisasi masih bisa terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: