Rapat Pleno Penetapan Plt Ketum Golkar Digelar, Ada 3 Nama yang Menempati Urutan Atas

Rapat Pleno Penetapan Plt Ketum Golkar Digelar, Ada 3 Nama yang Menempati Urutan Atas

--

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Setelah Airlangga Hartarto mundur dari jabatan ketua umum, bursa bakal calon Ketum Golkar langsung bermunculan.

Tiga nama menempati urutan teratas sebagai calon pengganti Airlangga. Antara lain Bahlil Lahadalila, Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Sebelum Airlangga mundur, dinamika di internal Golkar jelang Munas pada Desember 2024 memang cukup tenang. Sebab, hampir semua pengurus wilayah di Golkar sudah deklarasi mendukung Airlangga kembali memimpin Golkar.

Tak hanya pengurus wilayah, organisasi pendiri dan organ sayap Partai Golkar juga ramai-ramai memberikan dukungan pada Airlangga. Masifnya dukungan kepada Airlangga, membuat pergerakan kader lain yang berhasrat ingin maju sebagai Ketum Golkar nyaris tidak terdengar.

BACA JUGA:Ketum Partai Golkar Mundur, Pastikan Kader Solid dan Rekomendasi Aman

Kini, setelah Airlangga memutuskan mundur, bursa caketum kembali hangat. Sejumlah nama beken langsung muncul ke permukaan untuk jadi suksesor partai berlambang Beringin.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan partainya akan segera menunjuk Plt Ketum menggantikan Airlangga. Penunjukan Plt Ketum akan diputuskan dalam rapat pleno DPP Partai Golkar pada hari ini, 13 Agustus 2024.

“Selasa (13 Agustus) rencananya, paling lama,” kata Doli saat ditemui di rumah dinas Airlangga di kompleks Widya Chandra, Jakarta, dikutip dari RM.id.

Ketua Komisi II DPR ini menyampaikan, dalam rapat pleno itu pihaknya akan mengangkat Plt Ketum Golkar sekaligus menentukan jadwal Musyawarah Nasional (Munas) atau Munas Luar Biasa (Munaslub) untuk memilih ketua umum definitif selama lima tahun ke depan.

BACA JUGA:Pilkada Berpotensi Head to Head, PKB Jadi Penentu, Semua Partai Masih Menunggu Rekomendasi dari Pusat

Disinggung sejumlah nama yang menguat, Doli tak membantah terkait kemungkinan Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) dan Bahlil Lahadalia menjadi Plt ketum Golkar. Hanya saja, ia mengatakan, hal itu akan dibahas lebih lanjut dalam rapat pleno.

JUSUF HAMKA IKUT MUNDUR
Sementara itu, anggota Dewan Penasihat Partai Golkar, Jusuf Hamka atau Babah Alun, resmi menyerahkan surat pengunduran diri dari Golkar, Senin (12/8/2024). Ia menyerahkan surat pengunduran diri secara langsung dengan mendatangi kantor DPP Golkar di Jakarta Barat.

Awalnya, ia ingin menyerahkan surat kepada Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus secara langsung. Namun, Lodewijk tidak berada di lokasi karena ada kegiatan lajn. Surat kemudian diserahkan kepada staf Lodewijk. “Pak Sekjen belum datang, dalam perjalan. Tetapi saya pikir, kan saya mau cepat-cepat, karena masih banyak ada urusan lain," kata Babah Alun ditemui awak media setelah menyerahkan surat pengunduran diri.

Diketahui, Babah Alun menyerahkan surat pengunduran diri setelah Airlangga Hartarto menyatakan mundur dari kursi Ketum Golkar pada Minggu (11/8/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: