4 Pelaku Pembunuhan yang Libatkan Istri Korban di Kuningan Ditangkap, Terancam Hukuman Seumur Hidup

4 Pelaku Pembunuhan yang Libatkan Istri Korban di Kuningan Ditangkap, Terancam Hukuman Seumur Hidup

KETERANGAN PERS: Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Ika Prabawa dan Kasi Humas AKP Mugiyono memberikan keterangan pers terkait -Andre Mahardika-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARINDRAMAYU.ID  - Kepolisian berhasil menangkap seluruh pelaku yang terlibat dalam kasus pembunuhan di Kabupaten KUNINGAN, Jabar. Para pelaku tersebut disangkakan Pasal 340 KUHPidana dan Pasal 55 ayat (2) KHUP, dengan ancaman hukuman seumur hidup hingga maksimal hukuman mati.

Kasus pembunuhan ini melibatkan seorang istri dengan korban tak lain suaminya sendiri. Bahkan hasil penyelidikan petugas, kasus tersebut merupakan pembunuhan berencana oleh istri korban sendiri. Salah satu pelaku yang berperan sebagai eksekutor bahkan sempat buron.

Total empat orang terlibat dalam kasus pembunuhan berencana itu, dengan otak pembunuhan adalah istri korban. Adapun masing-masing pelaku berinisial Y (38) istri korban, AN (43) eksekutor, DS (32) dan DJ (29) berperan mengawasi situasi saat pembunuhan berlangsung.

Pelaku AN sempat kabur ke Karawang, namun berhasil tertangkap saat pengejaran selama dua hari. Korban sendiri berinisial IM (43) warga Desa Bakom, Darma, Kuningan.

BACA JUGA:Rakernas V PDI Perjuangan Berakhir Sukses Bupati Indramayu Bangga

Seluruh pelaku merupakan warga Kuningan, dan satu pelaku yakni AN sempat dipenjara akibat kasus pencurian dengan pemberatan.

Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Ika Prabawa dan Kasi Humas AKP Mugiyono dalam keterangan persnya, Senin (27/5), menuturkan jika para pelaku sempat merekayasa kematian korban kepada warga setempat. Namun saat petugas kepolisian melakukan penyelidikan, justru banyak ditemukan kejanggalan.

"Iya para pelaku ini merekayasa kematian korban, jika itu meninggal karena kecelakaan. Jadi korban dibawa oleh orang lain dalam kondisi sudah meninggal karena kecelakaan ke depan rumah korban, tapi ternyata itu hanya kebohongan dari para tersangka," ungkapnya.

Sebab korban ditemukan tewas di depan rumah korban sendiri. "Korban ini dieksekusi di dalam rumahnya sendiri. Ada dua pelaku yang berperan mengawasi di luar rumah korban, sedangkan satu pelaku mengeksekusi korban di dalam rumah," imbuhnya.

BACA JUGA:Dinsos Helat Bimtek Bagi Pilar-Pilar Sosial

Dia menjelaskan, pelaku AN yang melakukan pembunuhan sebelumnya sudah mendapat persetujuan dari istri korban sendiri. Jadi pelaku Y ini memiliki rencana untuk menghilangkan nyawa suaminya, kemudian menyuruh AN untuk melakukan pembunuhan kepada IM.

"Kalau dari pengakuan pelaku Y ini merasa kesal, karena korban sudah lama tidak bekerja dan menafkahi keluarga. Termasuk sakit hati karena korban sering melakukan kekerasan terhadap pelaku Y," ujarnya.
Saat ini, para pelaku sudah mendekam di rumah tahanan Mapolres Kuningan, Polda Jabar. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: