Pj Gubernur Jabar Tinjau Rekonstruksi Jalan Provinsi Tegalgubug-Arjawinangun

Pj Gubernur Jabar Tinjau Rekonstruksi Jalan Provinsi Tegalgubug-Arjawinangun

TINJAU: Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin hadir meninjau langsung rekonstruksi, didampingi Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya dan Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono, Sabtu (25/5).-SENO DWI PRIYANTO-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat sudah melakukan perbaikan atau rekonstruksi ruas jalan yang berlokasi di sejumlah titik. Yakni Tegalgubug, Arjawinangun, dan Jagapura, Kabupaten Cirebon.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan memperbaiki kondisi infrastruktur yang rusak. Proyek ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup warga serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Rangkaian perbaikan ini disambut positif Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin yang hadir meninjau dengan didampingi Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya, dan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono.

Bambang memastikan rekontruksi jalan ini akan terselesaikan dengan maksimal selama beberapa bulan ke depan. Bambang menjelaskan, pada tahun anggaran 2024 untuk pekerjaan jalan provinsi, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon, ada 4 ruas jalan yang dilakukan perbaikan.

BACA JUGA:Waspada! Sindikat Pencurian Bermodus Fogging Beraksi di Desa Kudukeras Cirebon

Di antaranya ruas jalan Jl Pangeran Cakrabuana (2.680 m), Ruas Jalan Bts. Cirebon/Kuningan (Waled)-Ciledug (Jl Dewi Sartika) (3.038 m), Ruas Jalan Budur-Susukan- Tegalgubug (2.750 m) dan Ruas Jalan Tegalgubug- Arjawinangun-Jagapura (5.597 m).

Rencananya jalan akan ditingkatkan dengan pengaspalan baru, penambahan marka jalan yang jelas, serta peningkatan sistem drainase untuk mengatasi masalah genangan air saat hujan.

Bambang menambahkan, Jalan di Kabupaten Cirebon telah mencapai kesetabilan di tahun 2023 sebesar 84 persen. Sehingga dengan penambahan 16 kilometer akan berdampak pada masyarakat setempat. “Pastinya masyarakat akan berdampak baik dari lalu lintas akan lancar dan aspek ekonomi juga lebih meningkat,” ungkapnya.

Selain itu, Bambang mengatakan bahwa terdapat empat perbaikan jalan di wilayah Kabupaten Cirebon, di mana satu di antaranya adalah Jalan Arjawinangun. “Total akumulatif penanganan tahun 2024 lebih kurang 16 kilometer untuk Kabupaten Cirebon,” ucap Bambang.

BACA JUGA:Nipu Penjual Martabak Warga Klangenan Masuk Bui

Sementara Pj Gubernur Jabar Bey mengatakan bahwa ruas jalan yang diperbaiki itu sepanjang 5,5 kilometer sepanjang Jalan Tegalgubug, Arjawinangun dan Jagapura. “Sepanjang 5,5 kilometer yang direncana melakukan rekonstruksi jalan dengan nilai biaya sekitar Rp12 miliar,” ungkap Bey.

Masih pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengatakan APBD Kabupaten Cirebon juga mengalokasikan sepanjang 71,1 kilometer perbaikan jalan dengan pemeliharaan berkala sepanjang 42 kilometer.

“Jadi alhamdulillah kita mengalami peningkatan, walaupun masih ada beberapa ruas jalan yang memang masih belum teranggarkan di tahun 2024,” ucap Wahyu.

Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat kemantapan jalan provinsi dan memperlancar aksesibilitas maupun mobilitas angkutan barang atau jasa khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon. (seno)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: