Warga Desa Tersana Gotong Royong Perbaiki Tanggul Ambles

Warga Desa Tersana Gotong Royong Perbaiki Tanggul Ambles

GOYONG ROYONG: Warga Desa Tersana bersama pemdes setempat memperbaiki sementara tanggul Sungai Cimanuk yang ambles dan terputus dengan menggunakan karung berisi tanah dan pasir, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Warga Blok Jati Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang ikut gotong royong memperbaiki tanggul Sungai Cimanuk yang ambles dan jebol, kemarin.

Pj Kuwu Desa Tersana, Tamrin SIP mengatakan, perbaikan sementara tanggul Sungai Cimanuk di desanya itu sebagai upaya untuk menahan luapan air Sungai Cimanuk agar tidak merusak tanaman padi milik petani dan tidak masuk ke permukiman warga.

Lebih lanjut, dikatakan Tamrin, penanganan sementara perbaikan tanggul menggunakan karung yang berisi tanah dilakukan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung yang melibatkan masyarakat desa dan pemdes.

Dengan penanganan sementara tersebut, lanjut Tamrin, diharapkan dapat menahan luapan air agar tidak masuk ke permukiman warga.

BACA JUGA:Sediakan Tajil, DKM Sabilul Muttaqien Gelar Iftar Bersama Selama Ramadan

“Kondisinya sudah sangat kritis, karena tanggul ambles dan putus tidak ada lagi yang menahan luapan air dari Sungai Cimanuk jika terjadi hujan lebat. Dengan perbaikan sementara ini diharapkan bisa menahan luapan air agar tidak merendam sawah dan tidak masuk halaman rumah warga,” ujar Tamrin, Sabtu (16/3).

Dijelaskannya, musim penghujan di tahun ini menjadi kewaspadaan bagi Pemerintah Desa Tersana, karena letak wilayah desa yang dilalui Sungai Cimanuk yang setiap tahun pada musim penghujan akan selalu meluap.

Diungkapkannya, awal bulan Februari 2024 tanggul benar-benar ambles dan terputus. Sehingga, ketika putus bisa dipastikan air dari Sungai Cimanuk akan meluap, tidak hanya merendam sawah tetapi dikhawatirkan akan merendam permukiman warga.

Untuk itu, Tamrin berharap, penanganan sementara ini bisa jadi penghalang agar air tidak masuk ke permukiman warga.

BACA JUGA:Polres Indramayu Gelar Patroli KRYD Skala Besar Selama Bulan Ramadan

Salah satu warga, Samin mengatakan, perbaikan tanggul putus di Blok Jati sangatlah dinantikan masyarakat desa.
Meski hanya penanganan sementara, Samin beharap, tanggul dari tanah ini dapat menahan luapan air Sungai Cimanuk saat meluap.

“Musim penghujan kan masih belum selesai, kemungkinan Sungai Cimanuk akan meluap lagi. Semoga saja tanggul sementara itu bisa bertahan sampai adanya perbaikan tanggul secara permanen,” harapnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: