Petugas Tagana Rutin Pantau Debit Air dan Kondisi Tanggul

Petugas Tagana Rutin Pantau Debit Air dan Kondisi Tanggul

PANTAU: Petugas Tagana Indramayu secara rutin memantau kondisi debit air Sungai Cimanuk dan sejumlah tanggul rawan jebol, kemarin.-istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Curah hujan yang terus menerus terjadi di wilayah Ciayumajukuning beberapa hari terakhir ini, terjadi juga di Kabupaten Indramayu.

Sejak hampir satu minggu, wilayah Kabupaten Indramayu terus diguyur hujan yang menyebabkan debit air di sejumlah sungai meningkat.

Meskipun masih dikatakan aman, namun beberapa pihak tetap waspada terhadap dampak dari curah hujan yang tinggi.

Apalagi, Kabupaten Indramayu hampir sebagian wilayahnya di lalui aliran Sungai Cimanuk.
Petugas Tagana wilayah Eks Kawedanan Jatibarang, Ikin mengatakan, selama musim penghujan, pihaknya selalu siaga memantau kondisi debit air dari Sungai Cimanuk.

BACA JUGA:Sertifikat Gratis, Bupati Nina Minta Kuwu Tidak Tolak Program PTSL

Apalagi, kata Ikin, sebelumnya Sungai Cimanuk sempat mengalami kenaikan debit air hingga pada level siaga.
“Alhamdulillah, sekarang debit air masih aman dan juga masih normal. Mudah-mudahan tetap seperti ini, tapi kita tetap waspada dan selalu siaga, kita pantau terus perkebangan debit air,” ujarnya.

Selain itu, Ikin juga mengingatkan, kondisi tanggul rawan juga menjadi hal yang perlu diwaspadai saat musim penghujan.

Karena, tanggul sungai bisa saja tiba-tiba longsor karena terkikis oleh air hujan dan oleh gerusan aliran Sungai Cimanuk.

“Kondisi tanggul juga kita pantau dan laporkan secara berkala, kondisinya seperti apa. Yang kita pantau ada beberapa titik di wilayah eks Kawedanan Jatibarang seperti di Kecamatan Sukagumiwang, Jatibarang, dan Kecamatan Kertasemaya,” tuturnya.

BACA JUGA:Akibat Diterjang Angin Kencang Dinding Gedung Setda Pemkot Cirebon Jebol, Begini Kondisinya

Untuk itu, lanjut Ikin, pihaknya bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) terus menjalin komunikasi terkait perkembangan kondisi sungai dan tanggul sungai, dan siap membantu apabila terjadi hal darurat atau rawan terjadi bencana.

“Kami Tagana selalu siap siaga apabila terjadi hal yang darurat, baik itu masalah sosial dan kebencanaan lainnya, untuk kondisi sungai saat ini masih aman, debit air nya normal,” pungkasnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: