Korlantas Polri Cek Jalur Tol Jakarta-Merak untuk Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2024

Korlantas Polri Cek Jalur Tol Jakarta-Merak untuk Kelancaran Arus Mudik Lebaran 2024

KESIAPAN MUDIK: Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Slamet Santoso mendengarkan paparan kesiapan pengaturan "delay system" saat arus mudik di Rest Area KM 43 Tol Jakarta-Merak, Tangerang, Banten, Senin (4/3). -ANTARA-RADAR INDRAMAYU

TANGERANG, RADARINDRAMAYU.ID - Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) telah memulai pengecekan jalur Tol Jakarta-Merak untuk memastikan kesiapan arus mudik Lebaran 2024, Senin (4/3).

Brigjen Slamet Santoso dari Korlantas Polri, yang memimpin kegiatan tersebut, mengatakan bahwa setelah keberhasilan tahun sebelumnya, mereka kini bertekad untuk mempertahankan prestasi tersebut.

"Pada tahun lalu sudah cukup baik, tahun ini kami wajib mempertahankan," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Slamet Santoso di Rest Area KM 43 Tol Jakarta-Merak, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (4/3).

Pengecekan jalur tersebut dilakukan bersama Kementerian PUPR dan Jasa Marga. Dimulai dengan memantau situasi Rest Area KM 43 Tol Jakarta-Merak yang disiapkan untuk menerapkan skema delay system.

BACA JUGA:Selama Februari 2024, Polresta Cirebon Ungkap 8 Kasus Kejahatan

Menurut Slamet, penerapan delay system ini akan memerlukan manajemen yang hati-hati, termasuk dalam hal mengatur arus kendaraan yang harus diarahkan masuk ke dua rest area, yaitu Rest Area KM 43 dan Rest Area KM 68. Adapun dua rest area itu menjadi tempat pelaksanaan skema tersebut.

Brigjen Slamet juga meminta kepada polisi lalu lintas setempat untuk menyiapkan kanalisasi untuk masuk ke rest area yang lebih panjang guna mencegah kemungkinan persilangan arus kendaraan yang dapat menyebabkan kemacetan. Fokus utama dari semua kegiatan ini adalah bagaimana menjaga kelancaran arus lalu lintas dan menjamin keselamatan para pengguna jalan.

"Yang penting bagaimana semuanya bisa berjalan lancar, terutama juga menjaga keselamatan," ujar dia.
Selain itu, perlu diantisipasi di sepanjang jalur Tol Jakarta-Merak, pencegahan kendaraan parkir di bahu jalan serta kendaraan yang mogok, karena hal-hal tersebut juga dapat mengganggu arus lalu lintas.

Pada kesempatan yang sama, AKP Jeany, Kasatlantas Polresta Tangerang, menyatakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan semua pihak terkait, terutama terkait persiapan Rest Area KM 43 untuk skema delay system. Penambahan personel untuk kegiatan pengamanan arus mudik di ruas Tol Jakarta-Merak akan dikomunikasikan dengan pimpinan Polresta Tangerang.

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji Tahap II Dibuka, Pendamping Lansia Harus Ada Rekomendasi Dokter

"Penambahan kanalisasi akan kami laksanakan, jauh sebelum masuk rest area," tutur Jeany.
Tak hanya itu, Korlantas, bersama Kementerian PUPR dan Jasa Marga, juga akan memantau kondisi terkini di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan guna menyiapkan pengamanan arus mudik kendaraan yang menuju ke Pulau Sumatra pada momen Lebaran 2024.

Skema delay system yang diterapkan bertujuan untuk mengatur lalu lintas dengan menggunakan rest area atau jalur arteri untuk memperlambat kendaraan pemudik menuju pelabuhan, sehingga antrean panjang kendaraan dapat dicegah. (antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: