Kawal Pemilu Aman dan Damai, Lebih dari Seribu Anggota PPK dan PPS Ikuti Bimtek dan ToT

Kawal Pemilu Aman dan Damai, Lebih dari Seribu Anggota PPK dan PPS Ikuti Bimtek dan ToT

BERI ARAHAN: Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA membuka kegiatan Bimtek persiapan pembentukan KPPS dan ToT fasilitator PPK dan PPS pada bimbingan KPPS Pemilu 2024, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Indramayu untuk mengawal Pemilu 2024 berjalan aman dan damai.

Hal itu dikatakan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina saat membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) persiapan pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan Training of Trainer (ToT) fasilitator PPK dan PPS pada bimbingan KPPS Pemilu 2024 di Asrama Haji Indramayu, Selasa (23/1).

“Pemilu di Indramayu benar-benar harus aman, kondusif, dan damai. Lebih baik tanpa ekses, jangan sampai menjadi permasalahan di kemudian hari bagi Kabupaten Indramayu. Intinya kita mengikuti Pemilu ini dengan senang, dan paling utama bagi petugas perhatikan kesehatan,” kata Bupati Nina.

Untuk itu, Bupati Nina meminta peserta Bimrtek dan ToT dapat mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga proses perjalanan pemungutan suara yang dilakukan di tingkat TPS dapat berjalan dengan baik.

BACA JUGA:Bupati Nina Raih Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Donor Darah

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Indramayu Masykur MPd mengatakan, kegiatan kali ini sebagai langkah persiapan untuk melaksanakan pelantikan Kelompok Penyelanggara Pemungutan Suara (KPPS) yang pelantikannya dilaksanakan secara serentak pada tanggal 25 Januari 2024 oleh PPS masing-masing.

Selanjutnya, kata Masykur, anggota KPPS akan mengikuti bimbingan teknis yang dimulai sejak tanggal 26 sampai 28 Januari 2024 yang pelaksanakannya oleh PPS dan PPK.

Kemudian, lanjutnya, PPK dan PPS bisa menyampaikan kepada masyarakat hak pilih mereka akan dilindungi dan dikawal.

“Penyampaikan materi kepada anggota KPPS secara detail. Intinya KPPS bisa paham tupoksinya, memahi pola kerja yang baik, memahami tugas mereka dari petugas nomor satu sampai 7,” ujarnya.

BACA JUGA: Musim Hujan, Jalan Sindanglaut-Pabuaran Rusak Makin Parah

Masykur berharap, dengan adanya bimtek dan ToT ini, petugas PPS dan PPK dapat menyampaikan materi teknis di tempat pemungutan suara (TPS) dengan baik.

Sehingga, seluruh anggota KPPS paham bagaimana menjalankan tugas mereka sesuai dengan prosedur dan undang-undang.

“Kami pesan untuk semuanya terutama KPPS agar jaga kesehatan dengan baik, jangan buru-buru, bikin santai tapi serius,” katanya.

Hadir dalam acara itu, Sekertaris Daerah Indramayu Ir Aep Surahman, Ketua Bawaslu Indramayu Ahmad Tabroni dan unsur lainnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: